Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hal Sepele tapi Pengaruh pada Usia Rantai Motor

Kompas.com - 30/07/2024, 15:21 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan sepeda motor yang optimal tidak hanya melibatkan mesin dan kelistrikan, tetapi juga komponen seperti rantai.

Meskipun terlihat sepele, perawatan rantai motor yang tepat sangat penting untuk memastikan kinerja dan umur pakai yang panjang.

Ketidakpedulian terhadap hal-hal kecil dapat menyebabkan rantai cepat aus dan mempengaruhi performa motor secara keseluruhan.

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi masa pakai rantai motor adalah pelumasan yang tidak memadai. Pelumas yang tepat tidak hanya mengurangi gesekan tetapi juga mencegah karat dan korosi.

Baca juga: Otomotif Thailand Tertekan Mobil China, Kemenperin Was-was

Pengelola bengkel Tamaro Motor di Palmerah, Jakarta Barat, Purnomo, menyebutkan bahwa banyak pengendara yang mengabaikan pentingnya pelumasan rutin.

"Banyak kasus rantai motor yang aus lebih cepat karena kurangnya pelumasan. Makanya, melumasi rantai rutin itu penting, apalagi habis terkena air atau hujan," kata Purnomo kepada Kompas.com, Senin (30/7/2024).

Rantai motor yang kendur akan memengaruhi performa dan kenyamanan.fortnine.ca Rantai motor yang kendur akan memengaruhi performa dan kenyamanan.

Selain pelumasan, ketegangan rantai juga harus diperhatikan. Rantai yang terlalu kencang atau terlalu longgar dapat menyebabkan kerusakan pada sprocket dan mempercepat keausan rantai. Purnomo juga menekankan pentingnya pengecekan ketegangan rantai secara rutin.

"Rantai kalau terlalu kencang bisa merusak komponen lain, kalau terlalu longgar bisa bikin rantai gampang lepas. Jadi, ketegangan rantai motor perlu juga diperiksa," tambahnya.

Baca juga: Brio Jadi Tulang Punggung Honda di GIIAS 2024

Dengan perhatian terhadap hal-hal kecil seperti pelumasan dan ketegangan rantai, pengendara dapat memperpanjang masa pakai rantai motor mereka dan menjaga kinerja motor tetap optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau