Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Royal Enfield Shotgun 650 Resmi Dijual, Harga mulai Rp 230 Jutaan

Kompas.com - 20/07/2024, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Bagi penyuka motor custom bergaya cruiser, Royal Enfield Shotgun 650 sudah resmi masuk Indonesia. Merek gabungan Inggris-India tersebut memang khas jadi kanvas kosong modifikasi, hadirnya Shotgun 650, jadi makin banyak opsi.

Shotgun 650 masuk ke lini produk Royal Enfield dengan mesin 648cc dua silinder segaris. Awalnya ada Interceptor, lalu Continental GT, serta ada Super Meteor, dan kini hadirnya Shotgun melengkapi lini produk tersebut.

Secara harga, Shotgun 650 dibanderol mulai Rp 237,8 juta buat Base Variant. Masih lebih murah dari Shotgun 650 yang harganya mulai Rp 242,3 Juta, masih masuk akal buat motor 650cc dengan dua silinder.

Baca juga: Royal Enfield Himalayan 450 Meluncur, Harga mulai Rp 150 Jutaan

Royal Enfield Shotgun 650 resmi meluncur di Indonesia, harga mulai Rp 237,8 jutaKOMPAS.com/FATHAN Royal Enfield Shotgun 650 resmi meluncur di Indonesia, harga mulai Rp 237,8 juta

Bisa dilihat, desain Shotgun 650 merupakan kombinasi retro dan futuristis. Bodinya streamline ala motor cruiser jadul tapi dilengkapi dengan lampu LED sampai klaster instrumen dengan pengarah navigasi.

Sebenarnya Royal Enfield mempromosikan Shotgun 650 dengan slogan Inspired by Custom, from Custom. Jadi memang mendorong pembelinya untuk personalisasi motornya sesuai dengan karakter si pengendara.

Anindya Dwiasti, Marketing Head Royal Enfield Indonesia mengatakan, budaya modifikasi di Indonesia memang sudah terbentuk, jadi tidak heran banyak yang memodifikasi motornya.

Baca juga: Apa Pengaruh Kapasitas Mesin Serena Terhadap Performa?

Royal Enfield Shotgun 650 resmi meluncur di Indonesia, harga mulai Rp 237,8 jutaKOMPAS.com/FATHAN Royal Enfield Shotgun 650 resmi meluncur di Indonesia, harga mulai Rp 237,8 juta

"Misal orang beli Royal Enfield, pasti ada yang mereka ganti. Misal jok, setang, atau pasti knalpot," kata Anin Saat Media Test Drive Himalayan 450 di Bogor, Rabu (10/7/2024).

Anin dan Royal Enfield Indonesia melihatnya bukan sebagai masalah. Malah perusahaan dukung, karena memperlihatkan karakteristik penggunanya.

Kembali soal Shotgun 650, mesinnya menghasilkan tenaga 47 TK dan torsinya 52 Nm, perbedaannya di Shotgun dengan yang lain, mesinnya dicat hitam gloss, bukan matte atau chrome. Hampir semua komponen dari Shotgun terbuat dari besi, makanya bobotnya 240 Kg.

Fitur lain yang disematkan pada Shotgun ini seperti suspensi dari Showa, rem cakram 320mm di depan dan 300mm di belakang dengan ABS dual channel. Ukuran peleknya pun berbeda, di depan 18 inci dan belakang 17 inci, khas motor cruiser.

Berikut harga Royal Enfield Shotgun 650:

Base Variant Rp 237,8 juta
Mid Variant Rp 241,5 juta
Top Variant Rp 245,3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau