Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Rasanya Mengemudi MPV Listrik BYD M6

Kompas.com - 20/07/2024, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Usai diperkenalkan pertama kali di ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2024, BYD juga menyediakan unit tes untuk Multi Purpose Vehicle (MPV) listrik terbarunya yakni M6 yang bisa di jajal di arena test drive pameran.

Mobil listrik baru dari BYD ini cukup menarik perhatian sebab dibanderol dengan harga terjangkau, mulai Rp 300 jutaan.

Sayangnya area yang disediakan terbatas, sehingga pengetesan tidak bisa dilakukan secara maksimal. Namun setidaknya bisa menghilangkan sedikit rasa penasaran Kompas.com.

Baca juga: Hyundai Jalin Kerja Sama Perluas Charging Station, Kejar 600 Titik

Unit yang dicoba Kompas.com adalah BYD M6 tipe Superior 7 seater. Saat masuk ke kabin BYD M6, interior tampak mewah serta syarat akan teknologi.

Layout dasbor tampak seperti mobil BYD lainnya, mengusung head unit besar yang bisa di rotate (putar) dengan pilihan tampilan potrait atau landscape.

Kompas.com tak butuh waktu lama untuk mendapatkan posisi duduk yang ergonomis, sebab kursinya bisa diatur maju mundur depan belakang dan atas bawah, dengan pengaturan elektrik. Setir juga sudah mengusung tilt dan telescopic.

Test drive BYD M6Kompas.com/Adityo Test drive BYD M6

Dari posisi berkendara, mobil ini juga menawarkan kenyamanan yang cukup baik. Visibilitas ke luar tampak tidak ada kendala.

Mengingat mobil ini mengusung teknologi listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV), suara mobil begitu kedap.

Untuk memindahkan transmisi dilakukan melalui tuas transmisi di konsol tengah. Tanpa berlama-lama, Kompas.com langsung menginjak pedal gas, sensasi torsi instan langsung terasa.

Hanya saja, hal tersebut tidak bisa dilakukan secara maksimal. Pasalnya mobil di setel dengan kecepatan maksimal 40 Km per jam (kpj), karena faktor keselamatan dan mengingat arena test drive yang terbatas.

Ketika melewati speed trap, suspensi BYD M6 terbilang keras, guncangan kabin terasa meski mobil berjalan dengan kecepatan rendah.

Baca juga: Haval H6 HEV Urban Cross-Country Melantai di GIIAS 2024

Namun untuk kesan pertama, mobil ini memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Tentunya bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan mobil listrik perkotaan dengan harga terjangkau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau