Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pesan Wapres Ma'ruf Amin buat Pelaku Industri Otomotif

Kompas.com - 18/07/2024, 18:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin memberikan empat pesan untuk pelaku industri otomotif. Empat pesan itu bertujuan agar industri omotif Indonesia terus maju dan punya daya saing tinggi.

Pertama, pelaku industri otomotif Indonesia diminta tingkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia agar produk yang dihasilkan dapat memenuhi standar internasional.

Hal itu harus dilakukan mengingat industri manufaktur otomotif berpotensi besar dalam penciptaan jutaan lapangan kerja baru.

Baca juga: MG Enggan Bicara Target Penjualan di GIIAS 2024

PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memulai produksi mobil listrik All New Kona Electric di pabrik Cikarang, Kabupetan Bekasi, Jawa Barat. 
KOMPAS.com/Gilang PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) memulai produksi mobil listrik All New Kona Electric di pabrik Cikarang, Kabupetan Bekasi, Jawa Barat.

Kedua kata Ma’ruf, pelaku industri otomotif diminta terus pacu inovasi dengan mempelajari, mengamati prospek perkembangan inovasi dan memodifikasi dengan tetap mempertimbangkan kapasitas dan kemampuan konten lokal di Indonesia,

“Adaptif dan responsif terhadap perubahan teknologi yang cepat niscaya akan meningkatkan daya saing sehingga produk otomotif Indonesia dapat lebih kompetitif di pasar global yang semakin dinamis,” ujarnya.

Ketiga, pelaku industri otomotif diminta untuk mengoptimalkan kapasitas produksi dan tingkatkan ekspor industri otomotif nasional. Mendorong efisiensi produksi dan optimalkan pemakaian komponen lokal dengan memperluas keterlibatan pelaku industri kecil dan menengah.

Baca juga: Muncul di GIIAS 2024, Motocompacto Calon Motor Listrik Terbaru AHM?

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kembali ikut serta pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2024) hingga Minggu (28/7/2024).Dok. PT IAMI PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) kembali ikut serta pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Kamis (18/7/2024) hingga Minggu (28/7/2024).

“Jadikan ajang ini sebagai katalis dalam meningkatkan kemitraan industri besar dengan industri kecil dan menengah sehingga dapat meningkatkan kapasitas ekspor nasional,” katanya.

Keempat, perluas kerja sama dan kolaborasi antarpelaku usaha dalam penelitian dan pengembangan ekosistem kendaraan berbahan bakar energi terbarukan.

“Langkah ini penting demi mengakselerasi penurunan emisi karbon dan berperan signifikan dalam mendukung transformasi ekonomi yang lebih hijau dan berkelanjutan,” ujar Ma’ruf.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau