Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul di GIIAS 2024, Motocompacto Calon Motor Listrik Terbaru AHM?

Kompas.com - 18/07/2024, 13:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com – Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 memajang berbagai model terbaru dari sejumlah merek.

Menariknya di booth Honda Prospect Motor (HPM) di Hall 6B terlihat ada fasilitas test ride motor listrik Honda Motocompacto.

Seperti diketahui, motor listrik ringkas ini telah meluncur di pasar Amerika Serikat sejak akhir tahun lalu, dan dijual sekitar 995 dollar AS atau setara Rp 15 jutaan.

Baca juga: MPV Listrik BYD M6 Meluncur di GIIAS 2024, Harga Rp 300 Jutaan

Motor listrik Honda Motocompacto di GIIAS 2024KOMPAS.com/ADITYO WISNU Motor listrik Honda Motocompacto di GIIAS 2024

Apakah Motocompacto bakal dijual? Saat ditanya mengenai kehadiran motor listrik terbaru, Thomas Wijaya, Executive Vice President PT Astra Honda Motor (AHM) tidak menjawab secara gamblang.

“Itu motor listrik bukan? Tapi nanti ditunggu kabarnya. Tahun ini kita masih ada launching lagi,” ujar Thomas kepada Kompas.com, Rabu (17/7/2024).

Sebagai informasi, Motocompacto jadi pendekatan inovatif untuk transportasi elektrik. Unik karena bisa dilipat, bahkan bisa ditumpuk, bisa masuk ke bagasi mobil atau dibawa ke transportasi umum.

Baca juga: Chery Resmi Umumkan Harga Tiggo 8 di GIIAS 2024, Dijual Rp 400 Juta

Fitur dari Motocompacto seperti jok yang empuk, pijakan kaki, tempat penyimpanan, lampu LED, dan speedometer digital. Kabel cas juga sudah termasuk ke motornya, tinggal tarik saja.

Bahkan Motocompacto bisa terhubung dengan Bluetooth, sehingga pemilik bisa menyetel berbagai personalisasi, seperti pencahayaan dan mode berkendara.

Baterai Motocompo berukuran 6,8 Ah, cukup dicas 3,5 jam dengan colokan 110 V. Baterai tadi menggerakkan roda depan (front wheel drive) yang memakai motor listrik bertenaga 490 W dan torsi 16 Nm.

Dalam sekali cas, Motocompo bisa menempuh jarak sekitar 19 Km dan kecepatan puncak 24 Kpj. Dibandingkan motor listrik pada umumnya, bobot Motocompacto pun terbilang ringan, yakni hanya 18,7 Kg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau