Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Belajar dari Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang | Cara Aktifkan Mode Manual pada Transmisi Mobil Matik | Alasan Kenapa Ban Bisa Kempis Ketika Mobil Jarang Dipakai

Kompas.com - 12/07/2024, 06:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pembaca yang ingin belajar dari kecelakaan beruntun di Tol Cipularang. Selain itu, tak sedikit yang ingin tahu juga bagaimana cara mengaktifkan mode manual pada transmisi mobil matik.

Tak ketinggalan, banyak yang penasaran mengapa ban bisa kempis ketika mobil jarang dipakai. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini deretan artikel otomotif terpopuler pada Kamis (11/7/2024):

1. Belajar dari Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Ingat Jaga Jarak

Kecelakaan beruntun di ruas Tol Cipularang pada Rabu (10/7/2024).Dok. Jasa Marga Kecelakaan beruntun di ruas Tol Cipularang pada Rabu (10/7/2024).

Baru-baru ini terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan di Km 85+600 Ruas Tol Cipularang arah Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Berdasarkan keterangan resmi dari Jasa Marga, diketahui ada 10 kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan beruntun tersebut. Insiden itu diduga karena bus angkutan umum yang kurang antisipasi.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Ingat Jaga Jarak

2. Spesifikasi Suzuki Fronx yang Diduga Bakal Jadi Pengganti Ignis

Suzuki FronxDoc Carscoops Suzuki Fronx

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengaku mulai berhenti menjual Ignis di Tanah Air. Hal ini dikonfirmasi oleh Dony Ismi Himawan Saputra, Deputy Managing Director Sales and Marketing 4W SIS, dirinya mengatakan bahwa ke depan Suzuki akan berfokus pada kendaraan elektrifikasi.

“Sesuai dengan rencana korporasi kami yang secara bertahap akan lebih fokus ke produk terelektrifikasi, seperti XL7 Hybrid dan Ertiga Hybrid, serta memperkuat keberadaan model-model buatan dalam negeri,” kata Dony, saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Spesifikasi Suzuki Fronx yang Diduga Bakal Jadi Pengganti Ignis

3. Cara Aktifkan Mode Manual pada Transmisi Mobil Matik di Pegunungan

Ilustrasi mengemudi di jalan pegunungan.Mitsubishi Ilustrasi mengemudi di jalan pegunungan.

Mengemudi di jalan pegunungan dengan mobil matik memerlukan keterampilan khusus dan pemahaman yang baik tentang teknik mengemudi yang aman. Jalanan yang berkelok-kelok, tanjakan dan turunan yang curam, serta kondisi jalan yang sering kali tidak menentu menambah tantangan tersendiri bagi pengemudi.

Setiap pengemudi mesti memahami karakteristik mobil matik dan bagaimana mengendalikannya dalam berbagai situasi di jalan pegunungan.

Baca juga: Cara Aktifkan Mode Manual pada Transmisi Mobil Matik di Pegunungan

4. BYD Bangun Pabrik Mobil Listrik di Thailand, Apa Kabar Indonesia?

Teknologi baterai mobil listrik dan penggerak mobil listrik BYDKompas.com/Daafa Alhaqqy Teknologi baterai mobil listrik dan penggerak mobil listrik BYD

Merek mobil listrik BYD kabarnya telah membuka pabrik perakitan kendaraan di Thailand. Fasilitas ini menjadi pabrik pertama BYD di Asia Tenggara, padahal sebelumnya raksasa otomotif asal China telah mengumumkan bakal membangun pabrik di Indonesia.

Plt Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Putu Juli Ardika, mengatakan, BYD tetap berkomitmen dengan pasar Indonesia.

Baca juga: BYD Bangun Pabrik Mobil Listrik di Thailand, Apa Kabar Indonesia?

5. Alasan Kenapa Ban Bisa Kempis Ketika Mobil Jarang Dipakai

Ilustrasi ban mobil pecah.Toyota Astra Motor Ilustrasi ban mobil pecah.

Tak sedikit yang menanyakan mengapa tekanan udara pada ban bisa berkurang dengan sendirinya, padahal mobil jarang atau bahkan tak pernah digunakan. Hal ini umum terjadi ketika mobil lama berdiam di garasi. Tekanan udara pada ban yang sebelumnya dalam kondisi normal, dapat menyusut dengan cepat.

Menanggapi fenomena ini, Fisa Rizqiano, Deputy Head Original Equipment (OE) Sales PT Bridgestone Tire Indonesia menjelaskan, penyusutan udara yang membuat ban mobil bisa kempis dikarenakan masalah suhu udara.

Baca juga: Alasan Kenapa Ban Bisa Kempis Ketika Mobil Jarang Dipakai

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau