Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Penyetelan Sudut Roda Mobil Bisa Dilakukan Tanpa Spooring?

Kompas.com - 09/07/2024, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mobil dapat dioperasikan dengan stabil dan nyaman tak lepas dari proses penyetelan sudut roda menggunakan alat spooring.

Sudut roda sendiri ada beberapa bagian, bukan sekadar asal lurus. Bahkan setiap merek mobil punya standar spesifikasi ukuran sudut tak sama satu dengan lainnya.

Lantas, apakah spooring bisa dilakukan secara manual tanpa bantuan alat spooring?

Baca juga: Pilihan Baru Suspensi Aftermarket untuk MPV dan SUV


Zulpata Zainal, On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan setiap mobil memiliki spesifikasi baku untuk setelan roda baik camber, caster dan toe.

“Mobil A mugkin saja tidak sama dengan mobil B angka standar setelannya dari pabrikan, karena setiap mobil memiliki karakter yang beda-beda, mobil niaga dengan mobil kencang misal juga beda,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, belum lama ini.

Zulpata mengatakan, perbedaan tersebut merupakan wujud penyesuaian dari pabrik atas kebutuhan mobil. Sehingga, penyetelan sudut roda tidak boleh asal-asalan.

Baca juga: Ini Tanda Mobil Butuh Spooring dan Balancing

Ban mobil yang kurang jika dipaksakan akan menimbulkan bahaya.Honda Prospect Motor Ban mobil yang kurang jika dipaksakan akan menimbulkan bahaya.

“Misal mobil niaga maka dibutuhkan kemudi yang ringan, sehingga sudut rodanya perlu disesuaikan, sedangkan mobil kencang butuh kemudi stabil maka sudut roda bisa disetel yang menunjang kebutuhan tersebut,” ucap Zulpata.

Zulpata mengataikan mobil-mobil dengan bawaan pabrik, belum ada ubahan maka penyetelan spooring harus mengikuti data bawaannya. Sedangkan mobil modifikasi harus ada penyesuaian penyetelan roda.

“Penyetelan sudut roda bisa dilakukan pada mobil modifikasi ataupun pemakaian harian sekalipun, itu sebabnya dalam melakukan spooring tidak boleh asal harus terukur dengan baik,” ucap Zulpata.

Baca juga: Biar Tidak Salah, Ini Bedanya Spooring dan Balancing

Ilustrasi pengecekan roda mobil untuk spooring dan balancingDOK. Bridgestone Ilustrasi pengecekan roda mobil untuk spooring dan balancing

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan sebaiknya penyetelan sudut roda dilakukan menggunakan alat spooring agar lebih akurat

“Spooring yang benar bisa dilakukan menggunakan alat, sedangkan dalam kondisi darurat bisa saja dilakukan secara manual, konsekuensinya hasilnya tidak optimal,” ucap Hardi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Jadi, melakukan spooring tidak boleh asal bila menginginkan hasil optimal dan akurat. Terlebih lagi setiap mobil memiliki standar sudut roda masing-masing dari pabrikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau