Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pemilik Mobil Kemalingan di Rest Area Cibubur

Kompas.com - 05/07/2024, 19:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video viral yang memperlihatkan pengguna mobil kemalingan di rest area beredar di media sosial belum lama ini. Pada video tersebut, terlihat mobil di parkiran berhasil dibobol maling.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @elyellee, Rabu (3/7/2024). Pada video yang dibuat oleh korban, disebutkan bahwa insiden terjadi pada rest area arah Cibubur.

Baca juga: Simak Daftar 33 Lokasi SPKLU di Rest Area Jalan Tol

"Diliat dari kaca & pintu mobil gak ada yang pecah, ternyata yang rusak lobang kunci fisiknya. Hati2 ya semuanya, kejahatan bisa dari banyak cara. Bahkan orang sekitar juga bilang sering kejadian, walau posisi parkir ditempat yang rame dilewatin orang + masih siang juga," tulis keterangan pada unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ely (@elyellee)

Pada keterangan juga dituliskan bahwa pihak rest area tidak memiliki kamera pengawas alias CCTV. Sehingga, tidak bisa diketahui detail kejadian maling membobol mobil tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, idealnya tidak membawa barang-barang berharga di dalam kabin. Alasan kabin adalah area privat memang benar, tapi itu tidak berlaku untuk penjahat.

Baca juga: Cara Cek Rest Area Terdekat Lewat Google Maps dengan Mudah

"Mau disembunyikan atau dikasih kaca gelap pun tidak pengaruh. Semakin gelap, semakin membuat penjahat penasaran. Asumsinya, pasti ada barang berharga di dalamnya," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Video pengendara mobil yang dibobol maling saat berada di rest area CibuburDok. @elyellee Video pengendara mobil yang dibobol maling saat berada di rest area Cibubur

"Saat istirahat di rest area, bawa atau tidak bawa barang berharga, jaga mobil bergantian atau istirahat di dekat kendaraan yang mudah terlihat," kata Sony.

Menurut Sony, kejahatan sekarang sudah tidak terduga. Banyak penjahat yang tidak hanya mengambil barang di dalam kabin, tapi juga pelek dan ban yang terpasang.

Untuk mengantisipasi kejadian mobil kemalingan, bisa juga dengan memarkir kendaraan di dekat pos satpam atau memasang alarm. Sehingga, jika ada yang membuka pintu secara paksa, akan memicu alarm untuk menyala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com