Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Perluas Charging Station

Kompas.com - 05/07/2024, 19:24 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menambah fasilitas charging station atau pengisian daya untuk kendaraan listrik berupa Privilege Charging Spot dan Privilege Parkir Spot di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2024).

Langkah ini dilakukan perusahaan untuk menjawab kekhawatiran pengguna mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) di Indonesia.

Adapun sebelumnya, Toyota Indonesia menghadirkan fasilitas serupa di ASHTA Mall Jakarta, rest area KM 456A, dan rest area KM 695 A. Selain itu fasilitas pengisian daya juga sudah hadir di 111 jaringan diler resminya.

Baca juga: Perlukah Menguras Udara pada Ban Mobil Secara Berkala

Toyota menambah fasilitas charging station di Gandaria City Mal, Jakarta Selatandok.TAM Toyota menambah fasilitas charging station di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan

"Charging spot dibangun supaya pelanggan BEV dan PHEV Toyota serta Lexus tidak perlu khawatir akan range anxiety atau rasa khawatir daya baterai habis sebelum mencapai tujuan," kata Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy dalam keterangannya.

"Fasilitas charging spot di dealer resmi Toyota berusaha meng-cover pelanggan di wilayah perkotaan, ditambah fasilitas serupa di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa untuk mobilitas antar kota, bersama Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di mal besar di Jakarta untuk melayani area lifestyle," tambah dia.

Ada alasan khusus mengapa kali ini fasilitas pengisian daya mobil listrik dihadirkan TAM di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan. Hal tersebut sejalan dengan studi yang menunjukkan pengguna mobil listrik kini mayoritas di perkotaan.

Privilege Charging Spot merupakan fasilitas isi ulang baterai xEV, eksklusif untuk BEV dan PHEV Toyota serta Lexus. Dengan 4 spot charging di Gandaria City Mal, tersedia 1 unit UFC 120 kW (dengan 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO & AC Type 2 (22 kW)) dan 1 unit AC Charger Type 2 22 kW yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama pelanggan berlibur.

Baca juga: Pembagian Area Crumple Zone pada Mobil

Toyota menambah fasilitas charging station di Gandaria City Mal, Jakarta Selatandok.TAM Toyota menambah fasilitas charging station di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan

Selain itu, terdiri atas 3 titik parkir, Privilege Parking Spot merupakan area parkir dedicated yang disediakan khusus untuk semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota dan Lexus.

"Charging spot ini memberikan solusi untuk meningkatkan daya jelajah BEV dan PHEV Toyota serta Lexus sekaligus mendukung mobilitas pelanggan hingga ke berbagai wilayah, sehingga lebih banyak masyarakat berpartisipasi dalam menekan emisi karbon,” tutup Marketing Director TAM Hiroyuki Oide.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com