Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk yang Pakai RUP Bisa Minimalisasi Fatalitas Tabrak Belakang?

Kompas.com - 25/06/2024, 09:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Bumper belakang alias rear underrun protection (RUP) pada truk rupanya menjadi perangkat wajib yang harus ada guna meningkatkan keselamatan.

Seperti ketika terjadi tabrak belakang, maka bumper tersebut dapat menjadi tumpuan benturan sehingga mobil kecil tidak masuk ke kolong truk.

Namun, apakah pemasangan perangkat tersebut benar efektif menekan tingkat fatalitas ketika terjadi kendaraan?

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Dilarang Menyalip dan Berhenti di Bahu Jalan Tol


Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Ahmad Wildan, mengatakan, RUP memiliki peran penting dalam mengurangi risiko fatalitas atas timbulnya korban jiwa ketika terjadi tabrakan pada bagian belakang truk.

Wildan juga mengatakan, pihaknya terus mendorong semua truk wajib dilengkapi dengan RUP atau bumper belakang.

“Untuk penurunan fatalitas, kami mendorong semua kendaraan barang wajib dilengkapi dengan perisai kolong belakang (RUP),” ucap Wildan, belum lama ini.

Baca juga: Hindari Tabrak Belakang, Truk Wajib Pasang Stiker Reflektor

Satu keluarga asal Kabupaten Purwakrta tewas setelah terlibat kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipularang KM 113 A, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (15/7/2023). Dok. PJR Tol Cipularang via Tribun Jabar Satu keluarga asal Kabupaten Purwakrta tewas setelah terlibat kecelakaan di ruas Jalan Tol Cipularang KM 113 A, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (15/7/2023).

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan RUP sudah menjadi perangkat wajib ada pada kendaraan truk.

“Tetapi kerasnya hantaman ketika terjadi kecelakaan belum tentu bisa efektif menahan benturan, belum lagi bila material dan konstruksinya asal-asalan atau sekadar formalitas saja,” ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (24/6/2024).

Sony mengatakan bila RUP cuma sekadar ada dan tidak standar justru bisa memperparah tingkat fatalitas pihak yang menabrak.

Baca juga: Demi Keselamatan, Truk Dilarang Parkir di Bahu Jalan Tol

Kecelakaan Porsche tabrak belakang truk di tol dalam kota sekitar KuninganDok. Polres Metro Jakarta Selatan Kecelakaan Porsche tabrak belakang truk di tol dalam kota sekitar Kuningan

“Harus terbuat dari bahan yang kokoh, sehingga memang dapat menjadi penahan kendaraan agar mobil kecil tidak masuk ke kolong saat terjadi tabrakan,” ucap Sony.

Jadi, menurut Sony, pemasangan RUP pada truk memang bisa mengurangi tingkat fatalitas ketika terjadi tabrak belakang asal perangkat terbuat dari bahan yang kokoh dan sesuai standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau