Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas Minyak Rem Motor Matik yang Buruk Bisa Picu Rem Blong

Kompas.com - 22/06/2024, 13:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Rem blong kerap menjadi pemicu terjadinya kecelakaan, termasuk kepada pengendara sepeda motor matik.

Rem motor matik yang pada mulanya berfungsi dengan baik pada titik tertentu menjadi tidak berfungsi dengan benar setelah digunakan.

Gio, Pemilik bengkel Giovani Motor Cawas, Klaten mengatakan motor matik menggunakan jenis rem fluida khususnya bagian yang sudah pakai cakram.

Baca juga: Ini Penyebab Munculnya Gejala Gredek pada Motor Matik


Minyak rem sebaiknya dikontrol kualitas dan volumenya, bila kurang bisa ditambah, dan kalau sudah kotor atau warnanya gelap bisa diganti untuk mencegah penurunan performa rem,” ucap Gio kepada Kompas.com, Jumat (21/6/2024).

Gio mengatakan kualitas minyak rem pasti akan menurun seiring pemakaian, maka dari itu dari pabrikan menyarankan penggantian secara berkala maksimal setiap 2 tahun.

“Namun, waktu penurunan kualitas bisa saja terjadi lebih dini, tergantung lingkungan dan pemakaian, minyak rem cenderung menyerap kelembaban, bila sudah menghitam artinya kandungan airnya tinggi,” ucap Gio.

Baca juga: Tanda Busi Motor Matik Sudah Minta Diganti

Motor alami rem blong di jalur Cangar-Pacetinstagram.com/memomedsos Motor alami rem blong di jalur Cangar-Pacet

Gio mengatakan penurunan kualitas minyak rem selain dapat merusak komponen seperti master dan seal juga berisiko tinggi menguap dalam pemakaian berat.

“Suhu komponen rem akan mudah panas ketika digunakan secara terus menerus seperti di jalan menurun panjang, akibatnya minyak rem yang sudah jelek akan mendidih dan membuat rem blong,” ucap Gio.

Gio mengatakan fenomena tersebut mirip dengan adanya udara palsu pada sistem rem yang memerlukan proses bleeding. Sehingga kampas rem tidak menjepit cakram dengan optimal.

Baca juga: Ini Tanda Busi Motor Matik Masih Layak Pakai

“Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, maka fungsi rem dan minyak akan terkontrol, sehingga dapat meminimalisasi risiko terjadinya rem blong,” ucap Gio.

Jadi, rem blong pada motor matik bisa dipicu dengan pengabaian perawatan berkala khususnya dalam menjaga kualitas minyak rem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com