Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Mesin Mobil Overheat dengan Disiram Air, Apakah Efektif?

Kompas.com - 03/06/2024, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendinginan pada mesin mobil yang tidak maksimal berpotensi terjadi overheat. Dalam kondisi tersebut, ada sebagian orang yang mengatasinya dengan cara menyiramkan air pada mesin.

Salah satunya seperti pada video yang diunggah oleh akun Instagram @achmad_subechi, beberapa waktu lalu. Dalam tayangan tersebut, terlihat seseorang menyiramkan air pada mesin mobil yang berasap karena overheat.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Tak Pakai Cairan Coolant Bikin Mobil Overheat?

"Mesin overheat disiram air, yang panas itu internalnya, ya mana ngefek toh om," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Achmad Subechi (@achmad_subechi)

Kepala Bengkel Auto2000 Pramuka Suparna mengatakan, sebenarnya jika disiram dengan air, memang logikanya bisa lebih mempercepat pendinginan. Tapi, tidak seberapa, karena air juga tidak disiramkan secara terus menerus.

"Selain itu, jika disiram dengan air juga berbahaya. Sebab, di dalam kap mesin juga banyak sekali komponen-komponen elektronik," ujar Suparna saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Segera Lakukan Hal Ini Setelah Mobil Mengalami Overheat

"Saya juga tidak merekomendasikan untuk menyiram mesin dengan air karena itu berbahaya. Terlepas itu efektif atau tidak untuk mendinginkan mesin, saya rasa itu tidak terlalu berguna," kata Suparna.

Indikator suhu air radiator mobil menunjukkan overheatTangkapan layar Indikator suhu air radiator mobil menunjukkan overheat

Parahnya lagi, menurut Suparna, jika mesin yang overheat disiram dengan air dan mengenai komponen kelistrikan, maka bisa terjadi hubungan arus pendek. Sehingga, bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kebakaran.

Untuk mencegah terjadinya overheat, penting bagi pemilik kendaraan rutin melakukan pemeriksaan pada bagian mesin, termasuk sistem pendingin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau