Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Seri 3 Dapat Penyegaran, Punya Teknologi Lebih Canggih

Kompas.com - 20/05/2024, 09:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai meluncur pada 2022 lalu, BMW Indonesia belum lama ini melakukan penyegaran pada sedan andalan, yakni seri 3 atau yang kini disebut, The New 3. Mobil sedan terlaris dari BMW itu hadir dengan sejumlah pembaruan, salah satunya dibekali dengan teknologi yang lebih canggih.

Secara tampilan, tak ada perbedaan yang signifikan antara The New 3 dengan model sebelumnya. Bagian fascia masih dibekali dengan kidney grille khas BMW dengan lampu depan LED adaptif serta air intake yang besar.

Pada bagian samping, lekukkan garis tajam membuat tampilan mobil ini semakin agresif. Untuk model 320i dibekali dengan pelek berukuran 18 inci, sementara BMW 330i M Sport Pro menggunakan pelek 19 inci.

Baca juga: Marquez Mulai Berani Rebutkan Gelar Juara Dunia MotoGP 2024

Berlanjut ke bagian buritan, tampak lampu rem BMW Seri 3 terbaru tampak tipis, lengkap dengan diffuser yang lebih lebar. Khusus untuk 330i sudah dilengkapi dengan ducktail kecil yang membuat tampilan mobil semakin sporty.

Interior BMW Seri 3 terbaru juga sudah diperbarui secara menyeluruh. Panel instrument berukuran 12,3 inci hadir di belakang kemudi, dipadukan dengan layar infotainment berukuran 14,9 inci, atau yang disebut dengan BMW Curve Display yang memiliki resolusi tinggi.

The New 3Kompas.com/Nanda The New 3

Tuas transmisi Steptronic delapan percepatan juga memiliki desain baru. Diposisikan di panel kontrol di konsol tengah bersama dengan tombol Start / Stop, iDrive Controller, tombol Driving Experience Control, rem parkir dan fungsi kendaraan lainnya.

Tak hanya itu, BMW Seri 3 terbaru sudah dilengkapi dengan iklim otomatis dengan penyesuaian tiga zona yang dipasang sebagai standar, sistem navigasi BMW Maps, BMW Live Cockpit Plus, hingga sistem parkir otomatis.

Sejumlah sistem bantuan pengemudi seperti Front Collision Warning dengan intervensi rem yang mendeteksi keberadaan pengendara dan pejalan kaki, Cruise Control dengan fungsi rem, Manual Speed Limit Assist, dan Lane Departure Warning, turut hadir sebagai standar.

Baca juga: Harga Mobil BMW Masih Stabil meski Rupiah Melemah

Kedua varian BMW Seri 3 dibekali mesin yang sama yakni 1.998 cc empat silinder segaris dengan twin turbo, hanya saja memiliki tenaga yang berbeda. Di mana 320i M Sport dapat menghasilkan tenaga 184 hp dan torsi maksimum 250 Nm, sementara 330i M Sport Pro memuntahkan tenaga yang lebih besar yakni 258 hp dan torsi maksimum 400 Nm.

Menariknya, BMW Seri 3 terbaru sudah dibekali dengan teknologi Connected Drive, merupakan sistem telematika canggih dari BMW yang menawarkan sejumlah fitur mutakhir.

BMW Connected DriveBMW Indonesia BMW Connected Drive

Sebagai informasi, teknologi Connected Drive memungkinkan penggunanya menghubungkan smartphone ke mobil, memanfaatkan teknologi modern serta fitur keselamatan.

BMW Connected Drive dapat diakses melalui aplikasi My BMW yang dapat diunduh secara gratis dari Apple App Store atau Google Play Store. Melalui aplikasi ini pemilik kendaraan bisa mengontrol kendaraan dari jarak jauh, misalnya saja menyalakan mobil, membunyikan klakson, hingga mengatur suhu kabin sebelum memasuki kendaraan.

Baca juga: Honda Ungkap Truk Konsep Bahan Bakar Hidrogen

Tak hanya itu, BMW Connected Drive juga bisa memonitor status kendaraan melalui smartphone, misalkan jarak tempuh yang dilalui setelah berkendara, sisa bahan bakar, periode waktu servis, peringatan kerusakan kendaraan dan lain sebagainya.

Bicara soal harga, BMW Seri 3 dibanderol mulai dari Rp 1.145.000.000 off the road Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com