Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Beda Campervan dan Motorhome?

Kompas.com - 20/05/2024, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan luar ruangan menggunakan kendaraan atau campervan makin marak belakangan ini. Lantas apa sebetulnya definisi campervan?

Albertus Whitney, Executive Director Karoseri Delima Mandiri, mengatakan, definisi utama campervan jika mengacu pada definisi legal yaitu mobil yang sudah disertifikasi oleh Kementerian Perhubungan untuk jadi campervan.

Baca juga: Vinfast Investasi Rp 3,1 Triliun untuk Pabrik di Indonesia

"Jadi ada suratnya. Tapi kalau di indonesia ini tidak perlu dipikirkan, mau itu campervan, motorhome tidak perlu dipikirkan yang penting buat kita enak saja dipakai, enak, aman, nyaman," ujar Whitney kepada Kompas.com, belum lama ini.

Campervan buatan Delima Mandiri pakai basis DFSK Gelora E Kompas.com/Adityo Campervan buatan Delima Mandiri pakai basis DFSK Gelora E

"Kalau itu menurut kamu sudah campervan ya sudah, ada saja orang bilang itu bukan campervan tapi motorhome, atau RV (Recreational Vehicle) ya sudah definisi masing-masing," kata dia.

Winston Wiyanta, Managing Director karoseri Delima Jaya mengatakan, campervan biasanya merupakan modifikasi kendaraan dari mobil penumpang yang sudah jadi.

Baca juga: Jangan Memforsir Sopir Bus Pariwisata

Contohnya ialah mobil Toyota Land Cruiser, Innova atau Hiace kemudian modifikasi dalamnya ditambah berbagai keperluan termasuk tenda untuk kemping.

"Itu disebutnya campervan. Jadi dasarnya adalah mobil jadi,” kata Winston.

Explora CampervanKOMPAS.com/Fathan Explora Campervan

Adapun, motorhome biasanya menggunakan sasis untuk kendaraan ukuran besar yang mana tidak diperuntukan untuk mobil penumpang.

Baca juga: Explora Campervan Bakal Ekspansi, Sasar Bali

Jadi menggunakan sasis dari kendaraan komersial seperti menggunakan light truk atau pikap. Modifikasi kendaraan ini akan dibuat senyaman mungkin seperti rumah.

“Nanti itu bisa kita bentuk sesuai kebutuhan motorhome. Nanti kita akan tanya kepada pelanggan mau seluas dan selengkap apa peralatannya di dalam motorhome,” kata Winston.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com