Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Beda Campervan dan Motorhome?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan luar ruangan menggunakan kendaraan atau campervan makin marak belakangan ini. Lantas apa sebetulnya definisi campervan?

Albertus Whitney, Executive Director Karoseri Delima Mandiri, mengatakan, definisi utama campervan jika mengacu pada definisi legal yaitu mobil yang sudah disertifikasi oleh Kementerian Perhubungan untuk jadi campervan.

"Jadi ada suratnya. Tapi kalau di indonesia ini tidak perlu dipikirkan, mau itu campervan, motorhome tidak perlu dipikirkan yang penting buat kita enak saja dipakai, enak, aman, nyaman," ujar Whitney kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Kalau itu menurut kamu sudah campervan ya sudah, ada saja orang bilang itu bukan campervan tapi motorhome, atau RV (Recreational Vehicle) ya sudah definisi masing-masing," kata dia.

Winston Wiyanta, Managing Director karoseri Delima Jaya mengatakan, campervan biasanya merupakan modifikasi kendaraan dari mobil penumpang yang sudah jadi.

Contohnya ialah mobil Toyota Land Cruiser, Innova atau Hiace kemudian modifikasi dalamnya ditambah berbagai keperluan termasuk tenda untuk kemping.

"Itu disebutnya campervan. Jadi dasarnya adalah mobil jadi,” kata Winston.

Adapun, motorhome biasanya menggunakan sasis untuk kendaraan ukuran besar yang mana tidak diperuntukan untuk mobil penumpang.

Jadi menggunakan sasis dari kendaraan komersial seperti menggunakan light truk atau pikap. Modifikasi kendaraan ini akan dibuat senyaman mungkin seperti rumah.

“Nanti itu bisa kita bentuk sesuai kebutuhan motorhome. Nanti kita akan tanya kepada pelanggan mau seluas dan selengkap apa peralatannya di dalam motorhome,” kata Winston.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/05/20/104200915/apa-beda-campervan-dan-motorhome-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke