Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Fitur Canggih Haval H6 HEV

Kompas.com - 02/05/2024, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas tampilan eksterior dan interior, kini saatnya membahas soal fitur yang ada pada Haval H6 HEV.

Sport utility vehicle (SUV) asal China ini dibekali dengan sejumlah teknologi canggih yang diperuntukkan untuk kemudahan pengemudi saat berkendara.

Bicara soal sistem entertainment, Pesaing dari Honda CR-V ini dibekali layar head unit 12,3 inci yang ditunjang dengan delapan speaker serta sudah terintegrasi dengan Bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto.

Selain itu pengaturan suhu AC, dan informasi seputar kendaraan bisa diakses melalui head unit tersebut.

Baca juga: Beda Operasional Mobil Matik dan Manual Saat Akan Memulai Perjalanan

Pengemudi juga dapat mengoperasikan head unit, seperti mengganti saluran audio, atau menaikan dan menurunkan volume, melalui kemudi.

Haval H6 HEV juga sudah dilengkapi dengan wireless charging. Sehingga pengemudi bisa dengan mudah melakukan pengisian daya untuk handphone saat berkendara.

Interior Haval H6 HEVKompas.com/Nanda Interior Haval H6 HEV

Untuk fitur unggulan, Haval H6 HEV sudah dilengkapi dengan automatic parking system. Dengan fitur ini, pengemudi bisa memarkir mobilnya tanpa harus memegang setir atau kendali.

Apalagi, untuk parkir secara paralel atau parkir mundur, sistem yang ada bisa membantu memarkirkan mobil ini secara otomatis.

SUV lima penumpang ini juga sudah dibekali dengan fitur adaptive cruise control. Redaksi sempat mencoba fitur ini saat berkendara di jalan tol. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, tim redaksi lebih dulu memacu kendaraan minimal 30 Km per jam (kpj).

Setelah memacu kendaraan pada kecepatan yang diinginkan, selanjutnya tekan tombol mode, kemudian tekan tombol SET untuk mengunci kecepatan konstan sesuai keinginan. Setelah itu, fitur adaptive cruise control sudah benar-benar bekerja.

Mobil akan berjalan maksimal dengan kecepatan yang sudah ditentukan, jika mobil di depan melakukan pengereman, maka laju mobil juga akan ikut melambat.

Sementara untuk menonaktifkan fitur tersebut terdapat dua cara, yakni dengan menginjak pedal rem atau menekan tombol Cancel di setir.

Salah satu fitur safety Haval H6 HEVKompas.com/Nanda Salah satu fitur safety Haval H6 HEV

Haval H6 HEV turut dilengkapi fitur ADAS, mulai dari Wisdom Dodge System (WDS), Emergency Lane Keeping (ELK), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Center Keeping (LCK), Lane Change Assistant (LCA).

Ada juga Blind Spot Detection (BSD), Auto Reversing Assistance (ARA), Rear Collision Warning (RCW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan Rear Cross Traffic Braking (RCTB).

Baca juga: Beda Operasional Mobil Matik dan Manual Saat Akan Memulai Perjalanan

Selain fitur ADAS, Haval H6 HEV juga sudah dibekali fitur keamanan standar. Mulai dari Front and Rear sensors, 360 surrounding camera, Electronic Stability Program (ESP), Traction Control System (TCS), Anti-Rollover System (ARS), Hill Start Assist atau Hill Descent Control (HSA/HDC).

Kemudian Brake Override System (BOS), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Auto Emergency Braking + Intersection (AEBI), Emergency Signal System (ESS), Brake Assist System (BA), Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD) dan masih banyak lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com