Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Deteksi Kerusakan Kaki-kaki Mobil Pakai Shaking Machine

Kompas.com - 05/03/2024, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunyi pada bagian kaki-kaki mobil sering membuat pengendara was-was. Terkadang suara yang dihasilkan cukup keras, hingga membuat pengendara merasa takut bila terjadi kecelakaan di jalan.

Apabila sudah terjadi hal seperti ini ada baiknya pengemudi segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan pengecekan.

Ada berbagai cara melakukan pengecekan kaki-kaki mobil, terbaru dengan menggunakan alat Kyoto Shaking Machine yang merupakan inovasi untuk pemeriksaan secara tepat, cepat, akurat dan efisien.

Baca juga: Honda Siapkan CB1000 Type X, Pakai Mesin CBR SP yang Tembus 190 TK

Ferry Jensen, CEO, Founder Rotary Auto mengatakan, Kyoto Shaking Machine dilengkapi sistem tenaga hidrolik guna mengguncangkan keempat titik pada kaki-kaki mobil. Pada proses guncangan ini, diklaim dapat mendeteksi bunyi malfungsi atau bunyi tidak normal yang timbul.

Kalau ada komponen yang bermasalah, maka akan terlihat dan terdengar langsung.

“Biasanya pemilik mobil yang mengalami gangguan kaki-kaki akan ke bengkel, kemudian mengajak mekanik berkeliling naik mobil sambil menceritakan keluhannya, seperti ada bunyi-bunyi saat melewati jalan bergelombang. Setelah itu mekanik akan memberikan hasil analisanya, misal karena tie road,” kata Ferry.

 

Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan. Kompas.com Kaki-kaki mobil perlu di cek supaya bisa mengetahui adanya kerusakan.

“Selanjutnya pemilik kendaraan bawa lagi mobilnya ke bengkel lain, karena belum yakin. Diceritakan masalahnya dengan metode yang sama, kemudian hasil analisa mekaniknya bisa saja berbeda, misal karena shockbreaker,” lanjut Ferry.

Ferry melanjutkan, perbedaan analisa tersebut terjadi lantaran adanya perbedaan jam terbang mekanik antara bengkel yang satu dengan lainnya.

Baca juga: Pemicu Terjadinya Kebakaran Saat Pengangkutan Motor Listrik

“Jadi semua pakai asumsi. Ini terkait dari jam terbang mekanik itu sendiri, kalau jam terbangnya tinggi kemungkinan besar apa yang dikatakan benar,” kata Ferry.

Untuk itu pihaknya menyediakan alat Shaking Machine yang bisa memudahkan bengkel  dengan pembuktian visual dan auditori. Sehingga hasilnya akan lebih akurat meski tanpa melakukan test drive.

Pemeriksaan kendaraan juga lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com