Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hitung Konsumsi BBM TVS Callisto 125, Tembus 55 Kpl

Kompas.com - 16/04/2024, 11:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - TVS Callisto 125 merupakan produk baru TVS buat mengisi segmen skutik di Indonesia. Punya harga mulai Rp 21,7 juta, Callisto 125 bisa jadi pilihan dengan berbagai keunikan.

Soal tampilan, desain Callisto 125 memang bukan selera semua orang. Arah modelnya memang mengacu ke skutik yang ada di India, bodi depan modern dengan bagian belakang yang besar, terbuat dari pelat besi.

Lalu secara performa dan fitur, Callisto 125 bisa dibilang mumpuni buat dipakai harian. Mesinnya 125cc yang menghasilkan 8 TK dan torsi 10,5 Nm. Lalu fiturnya lengkap, dari starter yang senyap, TVS Intelligo (start-stop engine), sampai indikator pada layar instrumen.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap TVS Callisto 125, Kerap Dipandang Sebelah Mata


Kali ini, Kompas.com menghitung konsumsi BBM dari Callisto 125. Pengetesan ini mengacu ke layar MID di mana tersedia menu yang menampilkan konsumsi BBM secara rata-rata.

Metode full to full  agak sulit untuk dilakukan karena model tutup tangki yang ada pada dek depan. Sudah coba diisi sampai leher tangki, cuma cairan BBM keluar lagi lewat saluran pembuangan, jadi sulit menakar posisi sudah penuh atau belum.

Pengetesan dilakukan menempuh rute 61,4 Km. Kondisi jalan yang dilewati bervariasi, mulai dari sepi dan macet. Penguji pun berkendara dengan gaya yang normal, kerap tancap gas saat jalanan kosong.

Baca juga: Ditinggal Orang Tua Makan, Anak Tidur dan Terkunci Dalam Mobil

TVS Callisto 125KOMPAS.com/ADITYO TVS Callisto 125

Hasilnya berdasarkan MID, Callisto 125 berhasil mencatatkan konsumsi BBM rata-rata 55,7 Km per liter. Artinya satu liter BBM bisa membuat skutik TVS ini jalan sekitar 55 Km.

Kalau dikalikan dengan kapasitas tangkinya yang mencapai 5,1 liter, maka dalam kondisi tangki penuh, Callisto bisa jalan sampai 280-an Km. Belum lagi kalau berkendaranya dengan gaya yang eco, maka bisa lebih hemat BBM lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com