Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap TVS Callisto 125, Kerap Dipandang Sebelah Mata

Kompas.com - 15/04/2024, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - TVS Callisto 125 merupakan skuter matik (skutik) yang relatif jarang terlihat di jalanan. Padahal secara spesifikasi, Callisto 125 bisa jadi motor yang bisa diandalkan buat dipakai harian.

Secara tampilan, Callisto 125 memang tidak biasa, kiblatnya ke arah motor yang ada di India. Bisa dibilang bukan favorit kebanyakan orang, tapi punya desain yang nyentrik, bisa jadi pusat perhatian di jalan.

Baca juga: Paten TVS Ronin Versi Scrambler Bocor, Jadi Motor Petualang

TVS Callisto125KOMPAS.com/ADITYO TVS Callisto125

Secara spesifikasi, Callisto 125 punya dimensi yang ringkas. Panjangnya 1.852mm, lebar 681mm, dan tinggi 1.168mm. Sebagai bayangan, ukurannya mirip-mirip Honda Scoopy, sedikit lebih tinggi. Sekilas dari depan wajahnya mirip Honda Spacy.

Soal bobot, Callisto 125 punya berat 109 Kg. Memang lebih berat dari skutik biasa, seperti Scoopy yang cuma 94 Kg, mengingat bodi Callisto ada yang dari pelat besi, jadi tentu lebih berat, tapi lebih kokoh.

TVS Callisto125KOMPAS.com/FATHAN TVS Callisto125

Soal perlampuan, lampu utama sudah LED dan ada DRL di atas lampu sein yang masih bohlam. Sedangkan di belakang, lampu kombinasiya masih bohlam cuma ada LED light guide yang seperti lampu malam.

Baca juga: Alasan Bagnaia Melambat Saat Sprint Race MotoGP Amerika 2024

TVS Callisto125KOMPAS.com/FATHAN TVS Callisto125

Bicara tentang dapur pacu, Callisto 125 dilengkapi dengan mesin 124,8cc satu silinder dengan pendingin udara dan sudah injeksi. Tenaga yang dihasilkan 6 kW atau setara 8 TK di 6.500 RPM dan torsi 10,5 Nm di 4.500 RPM.

Tenaga dan torsi tadi disalurkan ke roda belakang memakai CVT. Mesin TVS ini juga dilengkapi dengan fitur electric silent start dan TVS Intelligo, jadi starter tidak berisik dan bisa mematikan mesin saat berhenti beberapa detik.

TVS Callisto125KOMPAS.com/FATHAN TVS Callisto125

Pada bagian kaki-kaki, suspensi depan model teleskopik dan yang dipasang di belakang model tunggal dengan tiga setelan kekerasan. Roda yang digunakan berukuran 12 inci di depan dan belakang, dibalut ban berukuran 90/90.

TVS Callisto 125KOMPAS.com/FATHAN TVS Callisto 125

Bicara pengereman, di depan menggunakan rem cakram berukuran 220mm dan di belakang tromol. Fitur pengunci rem belakang juga dipasang di hendel rem yang ada di sisi kiri.

TVS Callisto 125KOMPAS.com/FATHAN TVS Callisto 125

Soal tangki BBM, cukup besar, yakni 5,1 liter dan posisinya ada di bawah dek. Sehingga, bagasinya super lega, 33 liter. Kapasitas itu lebih besar dari Yamaha Grand Filano yang cuma 27 liter.

Punya banderol mulai Rp 21 juta, TVS Callisto 125 tidak bisa dipandang sebelah mata. Spesifikasinya sangat mumpuni buat dipakai harian dan praktis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com