Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Pekan Jelang Lebaran Terjadi 2.078 Kasus Kecelakaan Lalu Lintas

Kompas.com - 08/04/2024, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu pekan sebelum Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Integrated Road Safety Management System alias IRSMS Korlantas Polri mencatatkan 2.078 kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di seluruh Indonesia.

Rekapitulasi data ini dihimpun berdasarkan hitungan per-pekan dari IRSMS Korlantas Polri, untuk periode 1 - 7 April 2024.

Berdasarkan angka terbaru, terlihat jika ada peningkatan baik dalam jumlah laka lantas ataupun fatalitas korban meninggal di tempat (MD) pada pekan lalu.

Sebagai komparasi, pada 25 - 31 Maret 2024 alias dua pekan sebelumnya, jumlah kasus laka yang terjadi adalah 1.973 dengan fatalitas 183 korban MD.

Baca juga: Kecelakaan Km 58, Ini Alasan Contraflow adalah Rekayasa Lalu Lintas Paling Berbahaya

Petugas kepolisian melakukan evakuasi korban kecelakaan lalu lintas dan olah kejadian kecelakaan yang melibatkan 2 pengendara motor di Tuban, Jawa Timur, Selasa (2/4/2024)KOMPAS.COM/HAMIM Petugas kepolisian melakukan evakuasi korban kecelakaan lalu lintas dan olah kejadian kecelakaan yang melibatkan 2 pengendara motor di Tuban, Jawa Timur, Selasa (2/4/2024)

Sedangkan untuk tiga pekan sebelumnya di tanggal 18 - 24 Maret 2024, kasus laka yang terjadi adalah 1.902, dengan fatalitas 175 korban MD.

Kembali ke data IRSMS, salah satu sebab tingginya jumlah kasus pada pekan lalu adalah karena persebaran laka per-wilayah lebih merata dan walaupun jumlahnya cenderung stagnan.

Berdasarkan keterangan, Jawa Timur masih menjadi Provinsi dengan jumlah laka mingguan terbanyak, dengan catatan 476 kasus pada pekan lalu.

Selanjutnya, Provinsi Jawa Tengah juga masih stabil di posisi kedua jumlah laka mingguan terbanyak, catatan kasusnya berjumlah 346.

Baca juga: Ini Batas Kecepatan Aman Mengemudi di Jalan Tol Saat Mudik Lebaran

Kondisi setelah kecelakaan beruntun di Gerbang Tol Halim Utama, Rabu (27/3/2024). Polda Metro Jaya Kondisi setelah kecelakaan beruntun di Gerbang Tol Halim Utama, Rabu (27/3/2024).

Urutan ketiga untuk wilayah jumlah laka mingguan terbanyak diisi oleh yuridiksi Polda Metro Jaya yang mencangkup kawasan Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi), jumlahnya 170 kasus.

Sebagai referensi, berikut adalah lima provinsi dengan jumlah laka terbanyak, untuk periode 1-7 April 2024 :

- Provinsi Jawa Timur : 476 kasus

- Provinsi Jawa Tengah : 346 kasus

- Polda Metro Jaya : 170 kasus

- Provinsi Sulawesi Selatan : 144 kasus

- Provinsi Bali : 143 kasus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com