Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Motor Listrik Bisa Terbakar jika Lama Tidak Dipakai?

Kompas.com - 03/04/2024, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karena keberadaannya di Indonesia terbilang baru, masih ada beberapa kekhawatiran pengguna terkait keamanan dari motor listrik, khususnya saat ditinggal lama seperti saat mudik lebaran.

Satu kekhawatiran yang cukup banyak diungkapkan adalah motor listrik bisa terbakar dan baterai meledak jika ditinggal lama.

Ferry Sigit, Mekanik Senior bengkel spesialis motor listrik TICS EV Garage menjelaskan, dirinya cukup banyak menerima pertanyaan semacam ini dari pengguna-pengguna yang menjadi konsumennya.

Menurut dia, isu motor listrik terbakar saat ditinggal adalah mitos lama, sangat kecil kemungkinannya hal ini akan terjadi dalam kondisi normal. Sekalipun ditinggal lama.

Baca juga: Mercedes-Benz Batal Bawa Bus Listrik ke Indonesia Tahun Ini

Baterai Motor listrik Honda EM1 e:Dok. AHM Baterai Motor listrik Honda EM1 e:

“Kurang adil kalau dibilang motor listrik berbahaya pas ditinggal. Karena kalau kondisi ruangan memang tidak kondusif, motor bensin pun bisa kena masalah,” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Tangerang, Selasa (2/4/2024).

Dia menambahkan, emilik seharusnya tidak perlu khawatir soal risiko terbakar, karena motor listrik lansiran terbaru pasti sudah dibekali satu komponen khusus untuk mencegah kendala ini.

Komponen dimaksud adalah miniature circuit breaker alias MCB. Fungsinya serupa dengan meteran rumah, yakni memutus arus listrik.

Baca juga: Pantauan SPKLU di Tol Trans-Jawa Jelang Arus Mudik Lebaran 2024

MCB alias pemutus arus listrik di bagian bagasi motor listrik. Matikan jika sedang tidak digunakan atau akan ditinggal lamaKompas.com/Daafa Alhaqqy MCB alias pemutus arus listrik di bagian bagasi motor listrik. Matikan jika sedang tidak digunakan atau akan ditinggal lama

“MCB cukup dimatikan saja sudah aman, soalnya arus listriknya kan terputus jadi enggak ada perputaran lagi di (komponen) kelistrikan,” ucap dia.

Satu tips lain yang dibagikan Ferry untuk lebih meminimalisir risiko adalah lokasi penyimpanan. Motor listrik sebaiknya disimpan di tempat teduh, tidak lembab, dan terhindar dari panas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com