Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Jangan Tunggu Mobil Overheat, Ini Tanda Coolant Sudah Minta Ganti | Mobil Rakyat Jadi Kunci Indonesia Keluar dari Jebakan 1 Juta Unit

Kompas.com - 21/03/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Coolant merupakan cairan khusus untuk mengisi radiator. Formula khusus membuatnya paling cocok digunakan sebagai pendingin mesin.

Coolant mengandung zat aditif anti karat, pembersih, anti beku dan peningkat titik didih. Sehingga, tetap tahan meski untuk mendinginkan mesin yang sangat panas saat bekerja.

Nah, konsentrasi zat aditif pada coolant memiliki masa pakai, sehingga pada batas tertentu harus diganti agar performanya tetap baik. Lantas, apa tanda coolant mobil sudah minta ganti?

Selain itu, pasar kendaraan roda empat atau lebih Indonesia mengalami fase one million trap atau terjebak di angka satu juta unit selama satu dekade belakangan.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, hingga 2023 belum pernah penjualan mobil melebihi satu juta unit.

Baca juga: PO SS Travelink Rilis Bus Pariwisata Mewah

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 20 Maret 2024:

1. Jangan Tunggu Mobil Overheat, Ini Tanda Coolant Sudah Minta Ganti

Selain itu, Fendi mengatakan penggantian coolant bisa mengikuti buku panduan servis selama masih menggunakan jenis coolant yang direkomendasikan oleh pabrikan.

“Ikuti saja buku panduan servis, interval penggantian coolant biasanya tertera, sekitar per 80.000 Km coolant harus ganti untuk merek Nissan, sesuai dengan kemampuan produk coolant yang digunakan, ” ucap Fendi.

Baca juga: Jangan Tunggu Mobil Overheat, Ini Tanda Coolant Sudah Minta Ganti

2. Mobil Rakyat Jadi Kunci Indonesia Keluar dari Jebakan 1 Juta Unit

Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.DOK. ASTRA DAIHATSU MOTOR Ilustrasi jajaran produksi Daihatsu di segmen LCGC (Low Cost Green Car) atau mobil murah.

Penjualan paling tinggi terjadi 2013 dengan 1.229.811 unit. Periode tersebut ketika pertama kali program kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) atau dikenal sebagai low cost green car (LCGC) dirilis. Segmen ini berhasil berkontribusi lebih dari 30 persen penjualan. 

Baca juga: Mobil Rakyat Jadi Kunci Indonesia Keluar dari Jebakan 1 Juta Unit

3. Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kaki Daihatsu Sigra

Daihatsu Sigra bekasOLX Autos doc. Daihatsu Sigra bekas
Daihatsu Sigra jadi salah satu LCGC yang banyak diandalkan warga Indonesia. Banyak yang menggunakannya sebagai kendaraan harian hingga odometer tembus 100.000 Km dalam waktu beberapa tahun saja.

Untuk Sigra yang sudah menempuh jarak sejauh itu, kaki-kaki jadi sektor yang patut untuk diperhatikan. Biasanya, bagian ini sudah mulai melemah atau menunjukkan tanda-tanda perlu perbaikan.

Baca juga: Estimasi Biaya Perbaikan Kaki-kaki Daihatsu Sigra

4. Pilihan Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Juta yang Pas buat Mudik

Grand Livina 2011 dijual Rp 87 tanpa PRAha Motor doc. Grand Livina 2011 dijual Rp 87 tanpa PR

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com