Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta Dapat 99 Unit Baru Merek Foton

Kompas.com - 20/11/2014, 14:27 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapat tambahan 99 bus transjakarta baru berbahan bakar compressed natural gas (CNG) yang akan beroperasi di koridor dua dan tiga. Suntikan unit sebagai peremajaan ini adalah hasil kerja sama antara operator PT Prima Lestari dan perusahaan bus asal China, Beiqi Foton Motor Co, Ltd (Foton Motor).

“Kerja sama ini berkenaan dengan program pemerintah, yaitu konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar gas. Tentunya secara bertahap, seperti kita ketahui harga bahan bakar gas jauh lebih murah dibanding minyak. Di samping itu, juga dapat mengurangi tingkat polusi udara,” ujar Gary Gao, General Manager AUV Bus Overseas Foton Motor, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (20/11/2014).

Dengan tambahan ini, semua unit bus transjakarta kini menjadi lebih dari 900 unit. Namun, Kepala Unit Pelayanan Transjakarta Pargaulan Butarbutar mengingatkan, tidak semua unit itu bisa beroperasi karena sudah tua.

Jumlah bus transjakarta yang beroperasi di luar kondisi maintenance hanya mencapai 500 unit. Pemerintah menginginkan batas umur unit hanya tujuh tahun. Oleh sebab itu, sekarang kerja sama dengan mitra swasta terus dikembangkan.

“Jadi sebenarnya unit ini adalah peremajaan, yang tua tahun depan habis, ini masuk jadi mobil baru sebagai gantinya. Bus-bus ini operator yang beli. Kita bayar kalau dia jalan, rupiah per kilometer,” kata Pargaulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com