Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Jangan Asal Pasang Boks Tambahan, Tenaga Bisa Loyo

Kompas.com - 18/01/2024, 18:31 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah motor listrik keluaran baru tidak semuanya memiliki bagasi besar. Tak sedikit produk yang hanya menyediakan sedikit kompartemen buat menyimpan barang.

Seperti diketahui, ruang penyimpanan motor listrik biasanya dipakai buat menaruh baterai. Padahal ruang bagasi jadi kebutuhan dasar para pengendara dewasa ini.

Oleh sebab itu, konsumen motor listrik banyak memilih boks tambahan buat menambah ruang penyimpanan. Namun demikian, pemilik motor listrik tidak bisa sembarangan memilihnya.

Baca juga: Punya Mobil Matik, Jangan Keseringan Parkir di Rumah

Pilihan boks motor merek Givi, di mana tersedia pula buat Honda EM1 e:.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pilihan boks motor merek Givi, di mana tersedia pula buat Honda EM1 e:.

“Kami berpikir yang 33 liter (maksimal), itu bisa untuk masuk helm dan tas sekolah. Kalau buat motor listrik kayaknya 36 liter terlalu besar dan terlalu berat,” ujar Bayu Saputro, Marketing Givi Indonesia, kepada Kompas.com (15/1/2024).

Bayu juga mengatakan, apabila boks yang digunakan terlalu besar, maka akan mempengaruhi performa motor listrik.

Seperti diketahui, semakin berat bobot kendaraan, penumpang dan barang, bakal berdampak pada konsumsi daya listrik. Ujung-ujungnya jarak tempuh baterai yang seharusnya bisa lebih jauh, jadi menurun jangkauannya.

Baca juga: Avanza Kuasai Pasar MPV Murah 2023, Stargazer Ancam Xenia

“Kami lebih berpikir ke fungsinya, kalau bicara fungsi jangan lebih dari 31 liter. Bukannya enggak bisa, ya bisa-bisa saja,” ucap Bayu.

“Tapi biasanya motor listrik itu buat harian, ke minimarket, antar sekolah, berpikirnya lebih ke beban penumpangnya dulu,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com