Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Karakter Pembeli Motor Honda Premium dan Reguler

Kompas.com - 10/11/2023, 10:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor menjadi salah satu pabrikan motor Honda yang paling banyak lini produknya. Ketika melakukan penjualan unit, ada saja karakter dari konsumennya, bahkan tergantung dari jenis motor yang mau dibeli.

Akibat perbedaan tersebut, tenaga penjual atau sales harus punya cara tertentu untuk melakukan pendekatan.

Novianti Hasima, Sales People diler motor Honda di Palembang yang juga baru saja memenangkan Kontes Layanan Honda Nasional 2023 menjelaskan, perbedaan karakter pembeli motor Honda yang premium (Wing) dan reguler.

Baca juga: Honda Luncurkan CBR600RR Terbaru di EICMA 2023

Kontes Layanan Honda Nasional 2023 KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kontes Layanan Honda Nasional 2023

"Untuk konsumen Wing, mereka lebih ke (pendekatan) personal. Pastinya konsumen yang premium itu lebih tau daripada kita, cuma mereka mau diakui, bahwa motor yang mereka pilih sudah tepat," kata Novi di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Jadi tenaga penjual sebenarnya tinggal mendukung saja apa yang sudah dipilih oleh konsumen sejak awal. Apalagi konsumen sekarang biasanya sudah cari tau dulu spesifikasi motornya sebelum datang ke diler.

"Mereka cuma ingin diapresiasi, lebih ke empati, kedekatan emosional kita (sales dan konsumen)," kata Novi.

Baca juga: Wuling Bingo Sudah Bisa Dipesan, Booking Fee Rp 5 Juta


Sedangkan untuk yang reguler, motor Honda 250cc ke bawah, baik sport, bebek, dan matik, sales harus cari tahu lebih mendalam. Gali soal kebutuhan konsumen, baru dipilih mana motor yang tepat.

"Pastinya kita gali dulu kebutuhan konsumen, sesuai keinginan, ingin bebek atau matik. Pendekatan juga sama, tapi harus tepat, yang memutuskan beli, yang pakai ini siapa," kata Novi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com