Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Suzuki Bakal Meluncurkan e-Burgman di Indonesia

Kompas.com - 27/10/2023, 14:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W resmi meluncurkan Burgman Street 125 EX di Indonesia. Tapi ada Burgman listrik juga yang pertama dipamerkan secara resmi di Japan Mobility Show 2023.

Bisa dibilang, Burgman Street jadi motor yang unik, menyasar segmen skutik 110cc-125cc cuma ada tambahan fitur. Keunikan dari Burgman Street ini ada di bodinya yang bongsor, bahkan kakinya bisa diselonjorkan.

Sedangkan Burgman listrik atau e-Burgman sampai sekarang baru dipamerkan saja. Tapi Suzuki sudah mengumpulkan data lewat pengetesan motor tersebut di Jepang, terkait penggunaan sehari-hari.

Baca juga: Kata Suzuki Soal Motor Baru dari India yang Bakal Masuk Indonesia

Penampakan Slot Baterai Suzuki e-BurgmanKompas.com/Agung Kurniawan Penampakan Slot Baterai Suzuki e-Burgman

Shigemori Keisuke, General Manager PT SIS 2W menjelaskan, e-Burgman sampai saat ini masih dalam pengembangan. Cuma ke depannya, pasti ada pertimbangan buat memboyong motor listrik tersebut.

"Kami belum ada rencana detail terkait peluncuran motor tersebut di Indonesia maupun Eropa," kata Shigemori di Tangerang, Rabu (25/10/2023).

Selain itu, Shigemori bilang kalau e-Burgman saat ini baru menjadi referensi dan bukti Suzuki bisa membuat motor listrik. Secara keseluruhan, pengembangan motor listrik ini semua dilakukan di Jepang.

Baca juga: Tips Mengemudikan Mobil Transmisi Matik di Jalan Menanjak


"Terkait produksi, mungkin nanti ada beberapa varian, masih dalam pengembangan. Belum ada informasi lebih lanjut yang bisa saya beri," kata Shigemori.

Soal spesifikasi, e-Burgman memiliki dimensi panjang 1.825 mm, lebar 765 mm, dan tinggi 1.140 mm. Kemudian punya tinggi jok 780 mm dan bobot kendaraan 147 kg.

Tenaga yang dihasilkan dari dinamo adalah 0,98 kW sampai 4 kW (peak) atau setara 1,3 TK sampai 5,3 TK. Torsinya ada di angka 18 Nm dan punya jarak tempuh 44 Km kalau dikendarai konstan pada kecepatan 60 Kpj.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com