Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Mobil Terbakar, Tol Cipularang Macet Panjang Kemarin

Kompas.com - 15/10/2023, 07:10 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu unit mobil dilaporkan mengalami insiden kebakaran di ruas Tol Cipularang arah Bandung, tepatnya KM 102 pada Sabtu (14/10/2023) siang.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @infobandungraya, kendaraan yang diduga Nissan Serena mengeluarkan kepulan asap hitam yang disertai api pada lajur dua di ruas Tol.

Akibatnya, lalu lintas sempat tersendat hingga sekitar KM 88 karena penutupan jalur 2 dan 3. Butuh waktu cukup lama untuk petugas bisa memadamkan api sehingga arus lalu lintas kembali lancar.

Baca juga: Daftar Harga Mitsubishi Pajero Bekas, mulai Rp 218 Jutaan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Bandung Raya (@infobandungraya)

 

Manager Area Jasa Marga Tol Purbaleunyi, Agus Pramono mengatakan, dugaan kuat insiden tersebut karena mobil mengalami overheat ketika melaju dari arah Jakarta ke Bandung.

"Melaju di jalur 2, tiba di TKP diduga kendaraan mengalami overheat, kemudian timbul percikan api di mesin dan kendaraan terbakar," ujar Agus, Sabtu.

Menurutnya, tidak ada korban jiwa alam peristiwa tersebut, tujuh orang penumpang kendaraan itu berhasil menyelamatkan diri.

"Nihil (korban jiwa)," katanya.

Baca juga: Imbas Jembatan Roboh, Polisi Rekayasa Lalu Lintas di Jalan Raya Tajur

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Info Bandung Raya (@infobandungraya)

Sekitar pukul 16.30 WIB, dilaporkan kembai arus lalu lintas mulai berangsur normal. Kepolisian setempat pun sudah memberlakukan rekayasa jalan dengan mengizinkan kendaraan untuk memakai sedikit bahu jalan untuk melintas.

"Alhamdulillah kepadatan lalulintas mulai terurai dengan dibuka kembali perjalanan tol cipularang arah Bandung, akibat adanya mobil terbakar pada Sabtu, 14 Oktober 2023 sekitar jam 12 siang," tulis video keterangan itu.

Penyebab Mobil Overheat

Sebenarnya, ada beberapa hal penting yang menyebabkan mobil overheat. Beberapa diantaranya ialah terdapat masalah komponen sistem pendingin mesin seperti radiator, coolant, terhmostat, kipas radiator, hingga water pump.

"Pelumas mesin yang bermasalah juga bisa tekanan yang berkurang atau saluran pelumas yang tersumbat. Namun pada umumnya yang sering terjadi karena adanya sumbatan di saluran pelumas,” ungkap Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, Iwan kepada Kompas.com, Minggu (8/10/2023).

Baca juga: Chery Indonesia Tertarik Jualan Mobil LCGC

Ilustrasi mesin mobil overheatSHUTTERSTOCK Ilustrasi mesin mobil overheat

Selain itu, kebocoran oli yang masuk ke ruang pembakaran lewat piston atau ring piston, cylinder liner atau seal-seal katup, juga bisa menjadi penyebab overheat.

Komponen mesin yang mengalami keausan juga bisa menjadi penyebab overheat, ini biasa terjadi di bagian bantalan atau piston sudah oblak. Ditandai dengan suara mesin menjadi kasar.

Guna mengurangi insiden serupa, maka penting bagi pemilik mobil untuk senantiasa memperhatikan dan menjaga kondisi kendaraan tetap optimal. Cara yang paling mudah ialah dengan rutin melakukan servis berkala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com