Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alami Banyak Kendala, Tim Lenovo Ducati Tetap Maksimal di Sprint Race

Kompas.com - 14/10/2023, 18:20 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedua pebalap Lenovo Ducati, Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini, mengalami banyak kendala pada MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika. Meski demikian, keduanya tetap tampil maksimal saat sprint race.

Bagnaia sempat kehilangan banyak waktu di sesi latihan hari pertama, Jumat (13/10/2023). Berlanjut di sesi kualifikasi yang berlangsung Sabtu (14/10/2023), drama kembali terjadi saat Bagnaia gagal lolos ke Q2. Sesi ini akhirnya dikuasai oleh Luca Marini yang menyabet pole position.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Mandalika 2023, Marini Pole Position, Bagnaia Ke-13

Bagnaia mengisi posisi start ke-13, sedangkan Bastianini memulai lomba dari posisi ke-11. Pada Sprint Race MotoGP Mandalika yang berlangsung selama 13 lap, duo Ducati tersebut harus puas finis di posisi ketujuh untuk Bastianini dan kedelapan untuk Bagnaia.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Ducati Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Meski gagal naik podium, kedua pebalap tim pabrikan Ducati ini tampil habis-habisan demi tetap meraih poin di sesi Sprint Race. Selanjutnya, Ducati Corse akan bekerja keras meraih hasil terbaik pada balapan utama yang akan digelar Minggu (15/10/2023).

"Saya merasa sangat baik dalam pengereman dan motor saya mengikuti saya dengan sangat baik. Di sisi lain, saya merasa tidak baik dengan elektronik, yang tidak bekerja seperti yang diharapkan," kata Bagnaia, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Mandalika 2023, Persaingan Ketat Klasemen

"Empat balapan terakhir kami memiliki beberapa masalah, dan ini bukan cara yang sempurna untuk memulai akhir pekan, tetapi kami akan mengelola itu," ujarnya.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Ducati Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Sementara itu, Bastianini juga menunjukkan performa positif setelah tiga kali absen balapan. Dia terbukti langsung beradaptasi dengan motor.

"Saya langsung menemukan kecepatan. Saya merasa bahwa secara fisik, saya merasa cukup baik. Semoga besok saya bisa melakukan lebih dari hari ini," ujar Bastianini.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023Dok. Ducati Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP Mandalika 2023

Pada balapan utama, Ducati Indonesia juga bakal memberi dukungan penuh kepada tim Ducati Corse. CEO Ducati Indonesia Jimmy Budhijanto, mengaku optimistis pebalap Ducati, khususnya Bagnaia, akan memberi kejutan sekaligus kembali mengamankan puncak klasemen pebalap MotoGP.

"Kami yakin Pecco Bagnaia akan tampil mengejutkan di balapan nanti. Pecco merupakan pembalap yang ketik tertekan dia akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Apalagi kru Ducati juga sudah menganalisa segala hal yang harus diperbaiki. Optimisme kami juga dikarenakan banyaknya dukungan dari fans Indonesia kepada tim Ducati," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com