Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Jago Mana, Sopir Bus AKAP atau Sopir Bus Pariwisata?

Kompas.com - 04/09/2023, 19:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


BOGOR, KOMPAS.com-  Sopir bus merupakan profesi tidak bisa dianggap remeh bagi layanan transportasi darat. Peran sopir bus biasanya bisa dibagi jadi dua jenis yaitu untuk bus pariwisata dan  sopir bus reguler untuk perjalanan ke luar kota.

Layanan bus pariwisata biasanya disewa untuk keperluan jalan ke luar kota, trayeknya tidak menentu, sesuai permintaan. Sementara itu, bus reguler, punya lintasan dan alur kerja yang sudah teratur. 

Maka dari itu, dari dua jenis bus tersebut biasanya sopir bus pariwisata disebut punya kemahiran berkendara yang lebih baik dari sopir bus AKAP

Aji, salah satu sopir bus AKAP dari PO Sinar Jaya mengatakan, itu bisa dikatakan mitos sebab setiap perushaan otobus (PO) selalu akan memilih sopir dengan kemampuan terbaik untuk menjadi kapten atau sopir bus. 

Baca juga: Pertamax Makin Mahal, Banyak Masyarakat yang Beralih ke Pertalite

"Baik itu sopir bus pariwisata atau sopir bus AKAP pasti sudah punya kemampuan berkendara yang baik sehingga bisa dipercaya untuk mengendarai bus milik perusahaan dalam mengantarkan penumpang dengan selamat," kata Aji kepada Kompas.com di pool bus Sinar Jaya Bububulak Bogor, Senin (4/9/2023). 

Bus AKAP Sinar Jaya di Terminal Baranangsiang BogorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Bus AKAP Sinar Jaya di Terminal Baranangsiang Bogor

Aji menyebutkan, pada biasanya sopir bus punya karir yang berubah atau pengalaman yang pajang.  Sehingga bukan tidak mungkin seorang sopir bus pariwisata dulunya pernah menjadi sopir bus AKAP, atau sebaliknya. 

Baca juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jakarta Awal September 2023

Maka dari itu, yang menentukan mahir atau tidaknya sopir bus tersebut dalam menguasai medan jalan adalah berdasarkan pengalaman sopir. 

"Kalau sudah lama jadi sopir, pasti juga sudah sering ganta-ganti jenis bus untuk dibawa. Pasti dia sudah tahu teknik yang tepat harus bagaimana. Maka dari itu terkadang ada beberapa tempat sopir bus AKAP yang kalau sedang libur ambil kerja sambilan membawa bus pariwisata," kata Aji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com