Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/09/2023, 17:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Mulai 1 September 2023, tilang uji emisi akan dikenakan kepada pengendara kendaraan yang tidak lulus atau belum melakukan uji emisi.

Sejumlah pemilik motor bahkan terpantau mulai mendapatkan tilang akibat mengganti knalpot standar dengan produk aftermarket atau knalpot brong.

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, penggunaan knalpot aftermarket bisa berpengaruh terhadap emisi yang dihasilkan motor.

Baca juga: Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell, dan BP AKR per September 2023

Ragam knalpot racing untuk sepeda motorSetyo Adi/Otomania Ragam knalpot racing untuk sepeda motor

Pasalnya, knalpot racing bisa berdampak pada meningkatnya hasil gas buang. Di mana catalytic converter yang terdapat pada knalpot standar menjadi tidak berfungsi.

“Kalau knalpot standar bisa dipastikan aman, karena spesifikasinya yang bagus. Salah satunya memiliki katalisator,” ujar Ribut, kepada Kompas.com (1/9/2023).

Sementara itu, Rio Tan, Manager Technical Support PT Enwan Multi Partindo (RCB Indonesia), mengatakan, rata-rata knalpot racing tidak memiliki catalytic converter.

Baca juga: Catat, Ini Lima Lokasi Tilang Uji Emisi di Jakarta

"Karena mengejar performa, mau yang free flow," ujar Rio.

Seperti diketahui, penerapan sanksi tilang ini berdasarkan pada Pasal 285 dan Pasal 286 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Bagi sepeda motor yang terjaring razia bakal dikenakan sanksi tilang maksimal Rp 250.000, sementara buat mobil sebesar Rp 500.000.

Baca juga: Harga Rp 6 Miliar, BMW XM Sudah Banyak Dipesan Orang Kaya Indonesia

Seorang pria bernama Dody (45) ditilang aparat kepolisian usai tak lolos uji emisi di Terminal Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/9/2023).KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Seorang pria bernama Dody (45) ditilang aparat kepolisian usai tak lolos uji emisi di Terminal Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/9/2023).

Pada hari pertama penerapan tilang uji emisi, kepolisian telah menindak beberapa pengguna kendaraan bermotor yang tidak lulus uji emisi. Seperti salah satunya di wilayah Blok M, Jakarta Selatan, yang menjadi lokasi penerapan tilang uji emisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com