Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Sertifikat Uji Emisi Hanya Berlaku Satu Tahun

Kompas.com - 01/09/2023, 13:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini uji emisi telah menjadi persyaratan wajib bagi kendaraan yang melintas di Jakarta. Per 1 September 2023, kendaraan yang belum melakukan uji emisi bakal ditilang.

Denda yang dikenakan bagi kendaraan belum atau tidak lulus uji emisi paling besar Rp 500.000 untuk mobil dan Rp 250.000 untuk motor.

Pengendara yang sudah melakukan uji emisi nantinya akan mendapat sertifikat uji emisi. Namun perlu diingat, sertifikat tersebut hanya berlaku satu tahun.

Baca juga: Catat, Ini Lima Lokasi Tilang Uji Emisi di Jakarta

Ilustrasi sertifikat lulus uji emisiKOMPAS.com/SENDY DARLIS ALDITYA Ilustrasi sertifikat lulus uji emisi

Artinya, pemilik kendaraan harus memperpanjang sertifikat uji emisi setiap tahunnya supaya tidak mendapat tilang saat terkena razia.

Aturan mengenai hal ini termuat di dalam Peraturan Gubernur No 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor, bahwa setiap mobil dan motor yang berusia di atas tiga tahun diwajibkan melakukan uji emisi.

Dijelaskan juga dalam Peraturan tersebut, uji emisi dilakukan setidaknya setahun sekali. Maka dari itu sertifikat uji emisi hanya berlaku untuk masa satu tahun ke depan.

Baca juga: Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell, dan BP AKR per September 2023

"Wajib uji emisi gas buang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan paling sedikit satu kali dalam satu tahun yang dilaksanakan di Tempat Uji Emisi dan dilakukan oleh Teknisi Uji Emisi," terang pasal 3.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, terdapat 335 bengkel mobil dan 106 bengkel motor di Jakarta yang siap melaksanakan uji emisi.

Dia menyampaikan, lokasi-lokasi uji emisi dapat dicari melalui aplikasi e-Uji Emisi atau aplikasi JAKI dengan mengetik “emisi” pada kolom pencarian. Bisa juga dengan membuka situs web https://ujiemisi.jakarta.go.id.

Baca juga: Harga Rp 6 Miliar, BMW XM Sudah Banyak Dipesan Orang Kaya Indonesia

Razia Uji Emisi KendaraanKOMPAS.com / Sendy Razia Uji Emisi Kendaraan

“Masyarakat dapat menemukan lokasi bengkel penyedia uji emisi yang tersebar di lima wilayah Kota Administrasi,” ujar Asep, dalam keterangan tertulis, Kamis (31/8/2023).

Dia menambahkan, pengenaan sanksi tilang bagi kendaraan yang belum atau tidak lulus uji emisi merupakan salah satu kebijakan Pemprov DKI Jakarta dalam menghadapi menurunnya kualitas udara.

“Pemprov DKI Jakarta terus berupaya dalam mendorong perbaikan kualitas udara di Jakarta melalui berbagai cara salah satunya melakukan penegakan hukum melalui razia emisi yang harus memenuhi baku mutu pada emisi bergerak,” kata Asep.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com