Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Kasus Rangka Motor Berkarat, AHASS Bogor Kasih Pengecekan Gratis

Kompas.com - 22/08/2023, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Belum lama ini ramai di media sosial tentang sasis motor Honda terutama yang eSAF berkarat sampai keropos. Bahkan ada juga yang mengunggah video motor barunya dan menemukan beberapa titik karat.

Tentu saja ramainya kejadian tersebut di media sosial berdampak ke pemilik motor Honda. Ada saja rasa khawatir apalagi untuk pembeli motor baru dan ingin mengecek sasisnya apakah bernasib sama atau tidak.

Kalau misalnya ingin mencari tahu, lebih baik minta dicek langsung ke AHASS atau bengkel resmi motor Honda terdekat. Biasanya, untuk motor yang masih di bawah masa garansi masih gratis untuk pengecekan.

Baca juga: Rangka Patah Bisa Terjadi pada Motor Apa Saja, Ini Penyebabnya

Tangkapan layar video rangka motor Honda beat patah.Instagram Tangkapan layar video rangka motor Honda beat patah.

Aries Mandala, Kepala Bengkel AHASS Pelangi Prima Mandiri di Bogor mengatakan, soal membongkar motor untuk sampai ke sasis biasanya tergantung kebijakan dari diler, apakah gratis atau dikenakan biaya.

"Dicek enggak masalah, terkait biaya dilimpahkan ke diler masing-masing. Tapi kalau di kami, kalau motornya sudah lama, di atas setahun pasti kena biaya, kalau di bawah setahun digratiskan," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (21/8/2023).

Baca juga: Toyota Tanggapi Inden Panjang Alphard Generasi Terbaru


Aries menjelaskan, motor baru Honda punya garansi khusus sasis selama satu tahun atau 10.000 Km. Jika masih di bawah kondisi tersebut, silakan minta pengecekan sasis ke AHASS.

"Mungkin banyak yang tanya yang warna kuning (di sasis). Kalau itu karat, dipegang pasti berbekas, kasar. Tapi kalau ini, kalau kita pegang halus, sama seperti pegang cat, bukan di luar," kata Aries.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com