Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melihat Langsung Deretan Mobil Balap Honda di GIIAS 2023

Kompas.com - 20/08/2023, 13:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan deretan mobil balap pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Salah satunya adalah Civic Type R yang dibalut livery TCR Series.

Untuk diketahui, ajang balap TCR Series merupakan ajang balap mobil Touring Car tingkat dunia. Honda sendiri sudah secara konsisten berpartisipasi di ajang balap tersebut sejak tahun 2012 dengan menggunakan serta mengandalkan Civic Type R TCR.

Baca juga: Honda Ajak Mahasiswa UI ke GIIAS 2023, Diskusi Strategi Pemasaran

Honda juga telah menjadi juara untuk kategori manufaktur pada 2013. Selain itu, Honda juga merupakan salah satu manufaktur yang konsisten mengikuti ajang balap TCR Series hingga saat ini.

Mobil balap Honda di GIIAS 2023Dok. HPM Mobil balap Honda di GIIAS 2023

Civic Type R adalah mobil Honda Civic tercepat yang pernah dibuat oleh Honda. Model yang memiliki emblem merah ikonik dari Honda ini, hadir dalam generasi keenam dengan kode sasis FL5 yang sudah dijual secara global sejak akhir tahun 2022 lalu dan di Indonesia pada akhir Maret 2023.

Selain digunakan di ajang balap TCR Series, Civic Type R juga digunakan oleh pebalap tim Honda Racing Indonesia, yakni Alvin Bahar.

Sedan sport tersebut digunakan untuk berkompetisi di balapan touring nasional yaitu Indonesia Touring Car Race (ITCR) 3,600 Max Divisi 2 di ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) sejak 2022 hingga sekarang.

Mobil balap Honda di GIIAS 2023Dok. HPM Mobil balap Honda di GIIAS 2023

Baca juga: Honda Klaim Konsumsi BBM All New CR-V Hybrid Bisa Seirit Brio

Selain Civic Type R, produk Honda lainnya yaitu Honda City Hatchback RS juga dipajang dalam wujud mobil balap utuh yang digunakan di balapan touring nasional oleh pebalap tim Honda Racing Indonesia.

Avila Bahar menggunakan Honda City Hatchback RS di kelas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1,500 di ajang balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) sejak 2022 hingga sekarang.

Mobil balap Honda di GIIAS 2023Dok. HPM Mobil balap Honda di GIIAS 2023

Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM, mengatakan, setiap lini produk Honda mempunyai DNA yang sporty, mulai dari Honda Civic Type R serta Honda City Hatchback RS.

"Kedua produk ini digunakan oleh Honda di berbagai ajang balap dimana Honda Civic Type R digunakan di ajang balap dunia yaitu TCR Series sementara Honda City Hatchback RS digunakan di ajang balap kejurnas ITCR 1.500 dan juga ajang balap One Make Race kami di sirkuit Sentul,” ujar Billy, dalam keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com