Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main ke GIIAS, Bisa Cobain 2 Bus Medium Baru dari Laksana dan Adiputro

Kompas.com - 20/08/2023, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Laksana dan Adiputro di GIIAS 2023 membawa dua bus medium baru. Laksana membawa Tourista SR3 dan Adiputro memperkenalkan Jetbus 5 MD.

Hari terakhir GIIAS, Minggu (20/8/2023), pengunjung bisa lihat langsung kedua bus ini. Kalau kita bahas dulu yang pertama, adalah Laksana dengan bodi Tourista SR3 dengan varian Ultimate.

Soal tampilan, bus medium baru ini membawa sedikit tampilan dari kakaknya, yaitu Legacy SR3. Persamannya adalah di bagian lampu, depan dan belakang baru, mengikuti Legacy SR3.

Baca juga: Spesifikasi Bus Tingkat Baru Laksana, SR3 Double Decker Ultimate Milik Rosalia Indah dan Harapan Jaya

Jetbus 5 MD di GIIAS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jetbus 5 MD di GIIAS 2023

Tapi di bagian depan, tentu ada grille, khas bus dengan mesin di depan. Uniknya lagi, bagian depan ini dibuat sporty, dengan ornamen hitam di bawah grille dan dibuat seperti ada splitter.

Sedangkan di bagian samping, ada ornamen khas Ultimate Edition dari Laksana, yakni bodi yang dibuat menekuk, dari depan sampai belakang. Lalu ada selendang baru yang menarik desainnya.

Bagian belakangnya pun sama dengan SR3, dari lampu sampai tampilan bumper. Tapi uniknya ada tambahan bodi di bawah lampu belakang, membuat Tourista makin unik saja.

Baca juga: Link Live Streaming MotoGP Austria 2023, Sprint Race Digelar Malam Ini

Jetbus 5 MD di GIIAS 2023KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Jetbus 5 MD di GIIAS 2023

Pada bagian kabin, dipasang interior yang baru. Misal dari bagian di bawah bagasi penumpang, lalu ada juga dari kisi-kisi AC yang bentuknya baru, jadi makin modern.

Kalau bahas bus buatan Adiputro, Jetbus 5 MD, merupakan bus medium yang tampilannya mirip sekali dengan bigbus Jetbus 5. Mungkin bedanya cuma dari dimensi saja, di mana untuk MD lebih pendek, tidak sampai 12 meter.

Jadi tampilannya pakai lampu baru depan dan belakang. Bedanya di depan, pakai grille untuk saluran udara mesin, mengingat Jetbus 5 MD menggunakan sasis mesin depan.

Pada bagian kabin, semuanya berubah, terutama di bagian kisi-kisi AC. Selain itu, warna lampu kabin yang dipilih semua Jetbus 5 cukup adem, tampak nyaman buat dipakai jalan dan berisitirahat, bikin betah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com