Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Pilih Beralih ke Mobil Listrik demi Kurangi Polusi

Kompas.com - 19/08/2023, 10:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil datang melihat-lihat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD City, Tangerang, Jumat (19/8/2023).

Ridwan Kamil mengatakan, saat ini makin banyak merek mobil terutama yang datang dari China. Dia juga bicara mengenai pemakaian mobil listrik sebagai mobil operasional pegawai negeri sipil (PNS).

Baca juga: Beli Kaca Film di GIIAS 2023 Jangan Asal Gelap, Pahami Kelebihannya

Hyundai Ioniq 5 banyak diminati untuk test drive di IIMS 2023KOMPAS.com/Daafa Hyundai Ioniq 5 banyak diminati untuk test drive di IIMS 2023

Kang Emil pangilannya, mengatakan, Jawa Barat sudah menjalankan hal tersebut. Buktinya dia sudah menggunakan mobil listrik Hyundai Ioniq 5 sejak awal keluar sebagai mobil operasional.

"Iya perintah Pak Luhut (Luhut Binsar Pandjaitan) seluruh PNS di satu yang mobil dinas mulai dikonsepkan mobil listrik, Jawa Barat mah sudah (mobil) dinasnya pakai Ioniq 5 leasing kan," ujar Kang Emil, panggilannya, di Tangerang, Jumat (19/8/2023).

"Ya jadi sudah kita tradisikan, nah bagi PNS juga yang membeli mobil pribadi sudah saatnya beralih ke mobil listrik," kata dia.

Baca juga: Mengenal Bedanya Coating dan PPF untuk Cat Mobil


Pengunjung yang tertarik juga bisa menjajal Neta V di area test drive.KOMPAS.com/Gilang Pengunjung yang tertarik juga bisa menjajal Neta V di area test drive.

Soal isu polusi yang marak belakangan ini, Kang Emil mengatakan, mobil listrik bisa menekan polusi sebab kendaraan bermotor merupakan salah satu penyumbang polusi paling besar.

"Apalagi yang di Jabodetabek tadi kita rapatkan 70 persen polusi kan dari kendaraan jadi sudah saatnya kalau ada pilihan mengkonversi ke mobil listrik untuk mengurangi polusi," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com