Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpaut Cukup Jauh, Ini Perbandingan Fitur Wuling Air EV dan Seres E01

Kompas.com - 18/08/2023, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Segmen mobil listrik murah ada Wuling Air EV dan Seres E01 yang layak untuk dipertimbangkan. Keduanya merupakan produsen asal China yang serius memasarkan mobil listrik di Indonesia.

Wuling Air EV long range dibanderol Rp 299,5 juta sedangkan yang standar Rp 243 juta OTR Jakarta. Di lain sisi, Seres E01 B-Type dibanderol Rp 189 juta dan Rp 219 juta untuk L-Type.

Sebelum membelinya, ada baiknya konsumen membandingkan beberapa fitur yang disematkan. Seperti apa detail perbandingannya, simak sebagai berikut!

Baca juga: Wuling Air ev Lite Pertahankan Takhta Mobil Listrik Termurah di Indonesia

Komparasi spesifikasi Wuling Air EV dan Seres E1, Adu mobil listrik murah berukuran mungilKompas.com/Daafa Alhaqqy Komparasi spesifikasi Wuling Air EV dan Seres E1, Adu mobil listrik murah berukuran mungil

Fitur keselamatan

Secara umum kedua unit mobil listrik tersebut sudah dilengkapi dengan beragam fitur modern sebagai standarnya. Seperti electric mirror, sensor parkir, kamera mundur, seat belt reminder, rem parkir elektrik, air bags, anti lock brake system (ABS), electric brake distribution (EBD) dan lainnya.

Kedua mobil listrik ini juga dilengkapi dengan fitur kemudahan dalam berkendara. Electronic stability control (ESC) sehingga kendali serta laju mobil menjadi lebih aman saat digunakan untuk bermanuver meski pengemudi masih awam.

Tidak ketinggalan, fitur untuk menahan posisi kendaraan saat menanjak juga tersedia, sehingga aman digunakan pada jalan menanjak dan macet. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi auto hold yang bisa menahan mobil tetap berhenti ketika di lampu merah dan sejenisnya dan begitu pedal gas diinjak mobil akan bisa melaju.

Baca juga: Perbandingan Tenaga dan Daya Jelajah Wuling Air Ev Vs Seres E1

Deretan mobil listrik Wuling Air ev dipamerkan di GIIAS 2023Dok. Wuling Deretan mobil listrik Wuling Air ev dipamerkan di GIIAS 2023

Mode berkendara

Keduanya juga dilengkapi mode pengendaraan sehingga bisa dipilih ingin berkendara dengan ekonomis atau bertenaga untuk menunjang kebutuhan penumpang.

Sebagai pengaman tingkat lanjut kedua mobil ini juga dilengkapi dengan tire pressure monitoring system (TPMS) sehingga tekanan udara ban pada masing-masing roda dapat dipantau pada layar informasi untuk menghindari tindak kriminal.

Sebagai mobil listrik yang tidak menghasilkan suara, keduanya dilengkapi dengan pedestrian warning sound sehingga pejalan kaki akan menyadari ada mobil listrik sedang melaju di sekitar mereka.

Baca juga: Wuling Air ev Lite Dijual Rp 188,9 Juta, Ini Spesifikasinya

Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023Kompas.com/Daafa Alhaqqy Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023

Kedua mobil listrik dari China ini juga cukup memperhatikan penumpang balita karena sudah dilengkapi dengan ISOFIX yakni perangkat yang memungkinkan tempat duduk dipasang bangku khusus balita atau anak-anak.

Fitur Keamanan

Dalam hal menjaga kesehatan kendaraan kedua mobil ini juga sudah dilengkapi sistem manajemen baterai yang cukup baik. Ada Baterai System Thermal Management, High Voltage Safety Monitoring dan Charging status display sehingga akan terhindar dari overheat pada baterai.

Kelebihan Wuling Air EV

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com