Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Banyak Informasi, Ini Fungsi Fitur MID Mobil

Kompas.com - 27/07/2023, 15:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seluruh mobil baru yang dipasarkan di Tanah Air kini sudah dilengkapi fitur multi information display atau biasa dikenal MID. Dengan hal ini, pengguna bisa lebih mudah untuk mengetahui beragam informasi di mobil.

Umumnya, MID terletak di depan setir kemudi dengan ukuran 5-10 inci dan kerap disandingkan dengan speedometer, fuel meter, tachnometer, temperatur mesin, hingga lain sebagainya.

Informasi yang diberikan oleh MID seputar konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh kendaraan, baik dari suatu titik tertentu (A ke B) maupun secara keseluruhan.

Baca juga: Pertimbangan Mazda Indonesia Enggan Bawa CX-60 Diesel

MID Suzuki Grand VitaraKOMPAS.com/STANLY RAVEL MID Suzuki Grand Vitara

"Pada beberapa mobil ada yang menyematkan informasi tambahan seperti gaya berkendara, jam, sampai keadaan ban secara real time. Meski demikian, fungsi MID tetap sama," kata Didi Ahadi, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Kompas.com, Rabu (26/7/2023).

Lebih lanjut, berikut informasi umum yang tertera pada MID:

Range

Range adalah fungsi indikator yang memberikan informasi mengenai jumlah sisa kapasitas bensin di tangki. Biasanya, satuan hitungan yang digunakan ialah kilometer (km).

Sebagai contoh, jika indikator Range menunjukkan angka 150 km, maka secara ideal dengan ketersediaan bahan bakar saat ini pengemudi bisa menjalankan mobilnya hingga jarak mencapai jarak tersebut.

Tapi perlu diingat bahwa ini adalah perkiraan saja. Bisa jadi, bensin yang tersedia lebih dahulu habis tergantung gaya mengemudi dan kondisi lalu lintas (macet, menanjak, turunan, dan sebagainya).

Baca juga: Pedagang Ungkap Ciri Oli Palsu, Ada Gelembung Udara

Odometer dan trip meter jadi patokan jarak tempuh kendaraan Dicky Aditya Wijaya Odometer dan trip meter jadi patokan jarak tempuh kendaraan

AVG

Average atau biasa hanya ditulis AVG adalah fungsi indikator untuk mengetahui rata-rata bensin yang kita gunakan saat mengendarai mobil pada jarak tertentu dengan menggunakan metode pengukuran gaya mengemudi.

Jadi, angka yang tertera bisa berubah sewaktu-waktu. Namun cukup untuk dapat memberikan informasi konsumsi rata-rata ketika sedang melintas di jalanan.

Odometer

Sementara itu, odometer berfungsi untuk menginformasikan jarak yang sudah ditempuh dalam satuan kilometer. Angka yang tertera, akan terus bertambah seiring dengan penggunaan dan tidak bisa direset.

Odometer juga bisa jadi salah satu faktor yang menentukan apakah kendaraan sudah masuk masa servis atau belum.

Baca juga: Bocoran Motor Listrik Honda EM1 e:, Mau Dijual Rp 32 Jutaan

posisi indikator di E.Autoguide.com posisi indikator di E.

Trip A dan Trip B

Sesuai namanya, fitur ini digunakan saat pengemudi ingin mengukur jarak antara posisi kota A dengan kota B. Perbedaan dengan odometer, informasi yang tertera bukan akumulasi dan bisa direset sesuai keinginan.

Contohnya, jika Anda ingin menghitung jarak perjalanan ketika hendak menuju kota di daerah Jawa Tengah dengan mengambil rute Semarang, posisikan trip meter A di nol kilometer.

Ketika ingin kembali mengambil rute yang berbeda, tekan lagi tombol ke trip B dan posisikan ke semula. Jadi, Anda bisa mengukur selisih perbedaan jarak yang ditempuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com