Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Pamer Fasilitas Pabrik Perakitan ke Komunitas

Kompas.com - 27/07/2023, 14:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak 90 orang yang merupakan perwakilan dari 21 komunitas resminya untuk mengunjungi fasilitas pabrik perakitan mobil di Karawang, Jawa Barat.

Tujuan dari Daihatsu Official Club Plant Visit ini untuk melihatkan kepada pengguna produk Daihatsu, khususnya komunitas, soal proses pembuatan kendaraan dari awal hingga terbentuk.

Karawang Assembly Plant merupakan pabrik kelima yang dibangun Daihatsu Indonesia. Berdiri di atas lahan seluas lebih dari 90 hektar, fasilitas ini diklaim memiliki kapasitas produksi hingga 200.000 unit per tahun.

Baca juga: Bahas Fitur XL7 Hybrid dan Terios Facelift, Siapa Paling Lengkap?

Roberto Bellarmino, Head, Karawang Assembly Plant Production Division PT ADM mengatakan, pihaknya senantiasa berusaha menyediakan pilihan produk berkualitas yang sesuai kebutuhan pelanggan.

Daihatsu Official Club Plant VisitADM Daihatsu Official Club Plant Visit

"Semoga acara ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan, sekaligus gambaran menyeluruh kepada para pelanggan tentang bagaimana proses membuat sebuah kendaraan dari awal sampai dapat dinikmati," ujar Roberto dalam keterangan resminya, Senin (26/7/2023).

Pabrik perakitan Karawang Assembly Plant merupakan pabrik kelima yang dibangun ADM setelah Sunter Press Plant yang diresmikan pada Mei 1978, Karawang Engine Plant pada 1983, Karawang Casting Plant di 1997, dan Sunter Assembly Plant pada 1998.

Para perwakilan komunitas dapat mengetahui proses produksi yang dilakukan Daihatsu dengan penerapan konsep simple, slim, dan compact (SSC) melalui lima tahapan.

Baca juga: Mengenal Toyota Transmover, Bekas Taksi Blue Bird yang Akan Dijual

Dari Press Shop yang merupakan lembaran pelat baja dibentuk dengan mesin press sehingga menjadi bagian bodi. Lalu Body Shop, yakni proses pengelasan atau welding untuk bagian-bagian mobil yang disatukan menjadi bagian utuh menggunakan teknologi robotik.

Daihatsu Official Club Plant VisitADM Daihatsu Official Club Plant Visit

Selanjutnya ada Painting Shop, yakni pengecatan dengan robotik, lalu Assembly Shop yang merupakan proses perakitan dan pemasangan komponen dengan sistem terintegrasi guna menjamin kualitas dan efisiensi tinggi.

Terakhir adalah proses Quality Shop yang merupakan pengecekan kualitas kendaraan, dari pengecatan bodi, fungsi kendaraan, water leakage (kebocoran air), dan lainnya sebelum mobil didistribusikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com