Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Bikin Smartglasses, Kacamata dengan Head-up Display

Kompas.com - 15/07/2023, 16:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW Motorrad merilis kacamata dengan teknologi head-up display (HUD) dengan nama ConnectedRide. Pada salah satu kaca tadi ditampilkan informasi langsung di depan mata pengendara.

Dikutip dari Motorcyclenews, kacamata ini dipasang layaknya kacamata normal, lalu dihubungkan ke aplikasi BMW Motorrad Connected yang ada di smartphone. Nantinya informasi seperti kecepatan, navigasi, dan posisi gigi muncul.

BMW mengeklaim jadi pabrikan pertama yang menyediakan kacamata pintar untuk pengendara. Tujuannya adalah agar pengendara tetap fokus melihat ke depan, tidak perlu lirik ke arah speedometer.

Baca juga: Jatah Grid MotoGP Disiapkan untuk BMW dan Kawasaki

ConnectedRide, kacamata pintar BMW buat pengendara motormotorcyclenews.com ConnectedRide, kacamata pintar BMW buat pengendara motor

Vice President of Customer, Brand & Sales Stephan Reiff mengatakan, fitur kacamata pintar ini cocok buat pengendara yang mau melihat berbagai informasi penting kapan pun saat berkendara.

"HUD jadi fitur yang marak dipakai di mobil BMW dan sekarang kami punya kesempatan menawarkan yang sama untuk pengendara motor," ucapnya dikutip dari Motorcyclenews, Sabtu (15/7/2023).

BMW bekerja sama dengan Everysight, teknologi yang berbasis dari Israel, membuat Raptor Smartglasses untuk pesepeda di 20 tahun terakhir.

Baca juga: Yamaha Berikan Sentuhan Dynamic Sound pada SUV Baru Mitsubishi


Pada setiap gagang, ada baterai lithium yang ditanam, ditambah prosesor dan proyektor. Lalu, ada juga sensor cahaya yang terintegrasi dengan modul sehingga gambar bisa dilihat baik saat terang atau gelap.

BMW mengeklaim, baterainya kuar sampai 10 jam, bisa dicas dengan model clip-on yang praktis. Keterangan dari proyeksi HUD tadi juga bisa disesuakan, bikin nyaman pengendara.

Dikonfirmasi, harga dari kacamata ini di Eropa adalah 690 euro atau setara Rp 11,3 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com