Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Siap Luncurkan Ninja EV Tahun Ini

Kompas.com - 13/07/2023, 13:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kawasaki Ninja EV yang meluncur pertama kali pada ajang EICMA 2022, siap dipasarkan pada tahun ini. Sebelum meluncur, motor listrik ini kembali dipamerkan pada pameran JAIA (Asosiasi Importir Mobil Jepang) yang diadakan pada 14-15 Juli 2023.

Dilansir dari Response (13/7/2023), motor listrik pertama buatan Kawasaki kabarnya akan dirilis di Eropa mulai 2023. Rencananya akan ada dua model yang dipasarkan, motor listrik tipe naked ‘Z’ dan full fairing ‘Ninja’.

Kedua model ini kompatibel dengan lisensi A1 UE (setara motor 125 cc atau kurang dan output maksimum 11 kW atau kurang), dan diharapkan dapat digunakan sebagai motor komuter jarak pendek.

Baca juga: Video Avanza Tabrak Hiace di Tikungan, Risiko Mobil RWD Saat Hujan

Kawasaki memperkenalkan prototipe motor listrik di pameran Intermot di Cologne, JermanFoto: Carscoops Kawasaki memperkenalkan prototipe motor listrik di pameran Intermot di Cologne, Jerman

Ninja EV bakal dilengkapi dengan dua paket baterai yang dapat dilepas (sekitar 12 kg), dengan kapasitas baterai maksimum 3,0 kWh.

Selain memajang Ninja EV, Kawasaki juga memamerkan sepeda listrik roda tiga yang juga akan meluncur di Jepang.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) Jin Inoue, mengatakan, pihaknya punya rencana untuk memasarkan motor listrik di Tanah Air. Meski begitu, peluncuran tidak dilakukan dalam waktu dekat.

Baca juga: Rekomendasi KNKT Soal Kecelakaan Bus Pariwisata, Sediakan Bus Kecil

"Tentu di masa mendatang kami akan memperkenalkannya. Saat EICMA 2022 pada November lalu di Italia, Kawasaki telah memperkenalkan dua tipe kendaraan listrik,” ujar Inoue di sela-sela acara Kawasaki Bike Week 2023 (4/2/2023).

“Di beberapa negara model ini juga akan diperkenalkan tahun ini. Tapi di Indonesia masih nanti, di masa mendatang,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com