Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Tren Bus Suites Class Laksana di Masa Depan?

Kompas.com - 08/07/2023, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Segmen bus di Indonesia saat ini sudah semakin lengkap. Salah satu yang paling signifikan dalam menawarkan kenyamanan adalah model Suites Class.

Suites Class pertama kali diperkenalkan Karoseri Laksana di GIIAS 2019. Kemudian karoseri lain mulai membuat model yang serupa, dari Adiputro, Tentrem, sampai yang paling baru ada New Armada.

Lalu, sudah sekitar empat tahun, bagaimana kondisi tren pasar Suites Class di masa depan?

Baca juga: Dicap Produk Pandemi, Laksana Kaget Respons Pasar Bus SR3

Bus suites combi PO Sembodoinstagram @yaelahruzzz_ Bus suites combi PO Sembodo

Alvin Arman, Direktur Komersial Laksana mengatakan, menurutnya Suites Class tetap masuk ke pasar bus yang terbatas. Jumlahnya di jalanan tidak akan mengalahkan bus konvensional.

"Ini kan lebih untuk AKAP jarak jauh, kalau jarak dekat enggak praktis, untuk bus pariwisata juga saya kira sangat sedikit marketnya," kata Alvin, di Karoseri Laksana Ungaran, Kamis (6/7/2023).

Selain itu, bukan cuma jarak jauh, kelasnya juga menyasar ke menengah-atas, jadi pasti akan terbatas. Laksana sendiri pun tidak tinggal diam saat karoseri lain membuat bodi bus serupa, tapi terus tambah varian.

Baca juga: Mencuci Mobil dengan Cara Ini Bisa Bikin AC Tidak Dingin


"Memang karoseri lain sudah mulai bikin, cuma kalau kita lihat populasi di jalan kita masih tetap yang paling banyak," kata Alvin.

Saat ini, Laksana punya dua model Suites Class, pakai bangku 1-1 ada juga yang 2-1. Lalu, Laksana juga bangun model baru dengan nama Suites Combi, jadi semakin banyak variannya.

Oleh karena itu, konsumen bisa memilih bus seperti apa yang nantinya diinginkan. Pilihan yang banyak membuat pengusaha memiliki kelas bus yang unik, membuka pasar baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com