Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Kijang Innova Zenix Hybrid, Lebih dari Sekadar MPV

Kompas.com - 15/06/2023, 15:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova Zenix menawarkan aspek menarik bagi masyarakat atau pecintanya di Indonesia. Hal tersebut dimulai dari desain eksterior dan interior dibandingkan model sebelumnya.

Khusus pada varian Q Hybrid sebagai model tertinggi, ada beberapa aspek di mobil yang menarik. Bagian eksterior misal, yang saat ini terlihat lebih tegas berkat grill baru yang diapit LED headlamp.

Tampilan tangguh dan gagah tersebut semakin terlihat jelas jika beranjak ke samping mobil yang menyajikan desain fender baru. Adapun lampu depannya dibuat bergelombang di bagian bawah dan runcing di bagian atas.

Baca juga: Keliling Ibu Kota, Konsumsi BBM Innova Zenix Hybrid Tembus 23 Kpl

Kijang Innova Zenix Kijang Innova Zenix

Dengan kombinasi itu, Innova Zenix tampak terlihat seperti SUV bukan lebih seperti MPV walau banyak aspek yang masih kental rasa modern.

Masuk ke bagian dalam, mobil menawarkan dimensi kabin yang lapang. Jadi, bagi pengendara yang tingginya mencapai 175 cm bukanlah masalah untuk mendapatkan posisi berkendara nyaman.

Lebih rinci, Innova Zenix membawa beragam hal baru mulai dari head unit 10 inci yang terhubung ke smartphone, kisi-kisi dan pengaturan AC digital, serta desain dasbor menyerupai Voxy.

Pada bagian tengah itu pula, tersedia dua colokan pengisian daya handphone type-c, dan wireless charging. Sementara posisi transmisinya ada di bagian atas tengah seperti Voxy.

Baca juga: Merasakkan Efektivitas Fitur Innova Zenix Hybrid di Ibu Kota

Interior Kijang Innova Zenix HybridKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Interior Kijang Innova Zenix Hybrid

Di bagian kemudi, Innova Zenix Hybrid kini dilengkapi dengan paddle shift dan tombol-tombol untuk mengaktifkan beberapa fitur berkendara dan informasi kendaraan.

Guna menambah kesan mewah, ada panoramic sunroof yang bisa dibuka hingga belakang. Tapi sayangnya pengaturan jok kursi pengemudi maupun penumpang di depan masih diatur secara manual.

Pindah ke kursi baris kedua, varian tertinggi ini dibekali dengan fitur captain seat dan dilengkapi electric recliner. Selain itu ada konsol tambahan untuk penyimpanan di bagian tengah, cup holder, hingga arm rest yang bisa dilipat.

Sehingga membuat baris kedua hanya bisa diisi oleh dua penumpang, alhasil jadi lebih terasa lega.

Baca juga: Intip Posisi Ban Cadangan Bus AKAP

Tipe G, versi termurah Innova Zenix HybridKOMPAS.com/STANLY RAVEL Tipe G, versi termurah Innova Zenix Hybrid

Sedangkan posisi baris ke-3, agaknya diperuntukkan penumpang anak-anak. Sebab ruangnya terasa lebih sempit untuk orang dewasa sehingga dalam perjalanan cukup jauh akan terasa pegal.

Soal dimensi, Innova Zenix menawarkan panjang 4.755 mm, lebar 1.80 mm, tinggi 1.795 mm dengan sumbu roda 2.850 mm. Ground clearence 185 mm, cukup tinggi untuk sekelas MPV yang menggunakan desain crossover.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com