Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diduga Lupa Tarik Rem Tangan, Mobil Meluncur hingga Lukai Pengemudi

Kompas.com - 07/06/2023, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan mobil multi purpose vehicle (MPV) meluncur di jalan akibat kecerobohan sang pemilik.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram bernama @dashcamindonesia, mulanya terlihat seorang pria yang sudah lanjut usia hendak memasukan mobil ke dalam garasi rumah.

Namun, ketika pria tersebut membuka pintu, tiba-tiba mobil meluncur mundur ke arah jalan lantaran diduga lupa menarik rem tangan.

Baca juga: Vespa GTS Model Baru Meluncur, Harga mulai Rp 78 Jutaan

Pengemudi itu pun langsung berusaha menghentikan mobil, namun malah terpelanting hingga terlindas mobil.

Insiden seperti ini memang bukan yang pertama kalinya terjadi. Maka dari itu, pengemudi harus memahami beberapa hal, agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kondisi tersebut merupakan kebiasaan salah yang sering dilakukan pengemudi ketika sudah sampai tujuan namun kondisi belum benar-benar aman. Sehingga ada kewaspadaan yang diabaikan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

“Memang mobil berhenti, tetapi selama ban masih tidak terkunci atau mesin masih hidup, maka kemungkinan bergesernya besar,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Senin (5/6/2023).

Sony melanjutkan, salah satu kunci dari pengendalian mobil adalah posisi duduk yang benar, dengan begitu setir dan pedal-pedal yang ada di bawah dalam jangkauan pengemudi.

“Apabila posisi duduk tidak sempurna maka akan ada yang salah dalam melakukan standar operasional, yang paling sering adalah mobil transmisi otomatis di mana kendaraan berhenti dan posisi gear D tapi parking brake on atau memindahkan gear ke R tapi posisi kaki tidak sempurna berada di depan pedal rem,” kata Sony.

Baca juga: Jualan Mobil Eropa Bekas Susah-susah Gampang

“Kalau mobil bergerak dan membuat pengemudi panik, maka pedal gas akan diinjak dan mobil meluncur tanpa kendali,” lanjutnya.

Untuk itu, penting bagi pengemudi untuk selalu memastikan rem tangan aktif saat hendak parkir agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com