Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Avanza Bergaya Static, Tampil Ceper Pakai Roofbox

Kompas.com - 02/06/2023, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi baru Toyota Avanza meluncur pada akhir 2021 lalu. Low multi purpose vehicle (LMPV) dengan kapasitas tujuh penumpang itu tampil dengan desain eksterior dan interior yang lebih modern.

Meski tampilan generasi terbaru sudah keren, namun masih banyak pemilik yang melakukan modifikasi agar tampil beda.

Seperti yang dilakukan oleh pria bernama Fadliyansyah, yang memodifikasi Toyota Avanza lansiran tahun 2022 dengan gaya static.

Baca juga: Jalur Puncak Bogor Padat, Ini Jadwal One Way yang Disiapkan Polisi

“Awal mula mobil dibeli memang untuk di modifikasi, kebetulan saya bergabung di klub bernama MAXI (Modifikasi Avanza Xenia Indonesia) dari chapter DKI Jakarta,” ucap pria yang akrab disapa Yansyah, kepada Kompas.com, Kamis (2/6/2023).

Toyota Avanza bergaya static Photo by @alfin.photoworks Toyota Avanza bergaya static

Yansyah kemudian memilih konsep static, di mana ia menginginkan mobil yang ceper namun tetap nyaman untuk dikendarai.

“Memilih konsep static dikarenakan kreatif sih, dengan menggunakan per custom dan kaki kaki custom tapi masih bisa tampil beda dengan fitment yang tidak kalah dengan menggunakan air suspension dan juga seceper apapun mobil sifatnya tetap nyaman dikendarai,” ucap pria asal Citayam ini.

Modifikasi Toyota Avanza milik Yansyah meliputi bagian eksterior, interior hingga kaki-kaki.

Di bagian eksterior, modifikasi yang dilakukan meliputi penambahan fog lamp. Hal ini sengaja dilakukan oleh Yansyah, karena tipe E Avanza belum memiliki foglamp.

“Ada juga penambahan mini laser di bagian bumper serta custom tatakan pelat ala ala Jepang dan untuk pelat sendiri custom agar terlihat lebih tebal dan rapi,” kata Yansyah.

Toyota Avanza bergaya staticPhoto by @alfin.photoworks Toyota Avanza bergaya static

Kemudian pada bagian samping terdapat penambahan custom stiker yang bisa membuat mobil lebih manis dan ‘kalcer’.

Paling ketara adalah penambahan roofbox menggunakan Ottorack 650 liter type limitless dan memakai crossbar dari Whale. Kaca film juga tak luput dari ubahan, menggunakan Nexgard premium 20 persen.

Pada bagian kaki-kaki, pria berusia 27 tahun ini menyematkan pelek ring 18 BC Forged Jepang, yang dibalut dengan menggunakan ban Accelera PHI dengan spesifikasi 205/45.

“Untuk kaki kaki memakai shockbreaker custom depan belakang dan menggunakan per mobil Suzuki Carry agar bisa menahan agar tidak mentok ketika ada tanggul dan jalanan rusak. Serta yang paling menonjol yaitu memakai Camber Kit, mobil jadi terlihat chamber -5 derajat,” kata Yansyah.

Berlanjut ke bagian belakang, Yansyah menambahkn lampu third brake atau Hella tiang dengan mata kucing agar tampilannya lebih manis.

Interior Toyota AvanzaDok Pribadi Fadliyansyah Interior Toyota Avanza

Sementara pada bagan interior, modifikasi yang dilakukan berupa custom box audio di bagian belakang, head unit Pioneer, dan 3 way custom di bagian depan.

“Saya juga memasang telolet untuk lucu-lucuan,” ujar Yansyah.

Yansyah turut mengungkapkan kesulitan ketika memodifikasi Toyota Avanza ini, seperti saat melakukan Chamber atau memiringkan bagian ban.

“Karena ban tidak sepenuhnya bekerja dengan baik. Apalagi ketika hujan mobil melintir dan hampir tidak bisa dipakai,” kata Yansyah.

Baca juga: Pujian Sekaligus Petuah Dani Pedrosa Untuk Adik Valentino Rossi

Adapun bicara soal waktu dan biaya, Yansyah mengaku membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun dengan mengeluarkan dana sekitar Rp 40 juta sampai Rp 50 juta untuk mendapatkan tampilan Toyota Avanza bergaya static ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com