Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Foto Ular Muncul di Balik Setang Motor, Bagaimana Mencegahnya?

Kompas.com - 29/05/2023, 06:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Media sosial kembali dikejutkan dengan penemuan seekor ular yang bersarang di dalam bodi sepeda motor.

Pada foto yang diunggah oleh akun Twitter @jogmfs, Sabtu (27/5/2023), terlihat kepala seekor ular berwarna coklat loreng hitam yang muncul dari balik setang sepeda motor.

“Jog guys selalu cek motor kamu sebelum pergi ya. Apalagi yang suka hobi markirin motor di luar rumah, kadang suka ada yang ga sopan ngikut gini,” tulis cuitan akun Twitter tersebut.

Baca juga: Viral, Video Pengemudi Mobil Nekat Putar Balik di Jalan Tol

Bukan untuk pertama kalinya, sebab kejadian ular yang bersarang pada kendaraan motor maupun mobil sudah kerap kali terjadi.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, hal seperti ini biasanya terjadi saat musim hujan. Apalagi jika motor tersebut di parkir di daerah yang cenderung masih banyak habitat ularnya, contohnya di dekat sawah.

“Ular kan suka mencari tempat yang hangat dan kering, makanya suka berlindung di mesin mobil ataupun dasbor motor,” ujar Endro.

Endro menambahkan, kendaraan yang sudah lama tidak digunakan atau dipanaskan memang bisa menjadi tempat bersarangnya para binatang.

“Mungkin awalnya hanya singgah, namun kalau kendaraan sudah tidak lama digunakan bisa dijadikan sarang,” katanya.

Menurut Endro hal ini harus diperhatikan oleh pemilik motor, karena jika hewan yang bersarang adalah tikus, bisa jadi merusak kabel kelistrikan sehingga akan merusak part kendaraan. Ia pun pemilik kendaraan sebaiknya selalu memperhatikan lokasi parkir kendaraan.

Baca juga: TVS Motor Buka Diler Terbaru di Surabaya

Ular yang bersembunyi pada dasbor motorKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Ular yang bersembunyi pada dasbor motor

“Pastikan area tersebut aman tidak dan tidak ada binatang yang bersarang. Selain itu, wajib untuk memanaskan kendaraan minimal dua hari sekali untuk menjaga kinerja mesin motor,” kata Endro.

Adapun upaya yang paling efektif untuk mencegah atau mengusir ular dari agar tidak bersarang pada kendaraan, yakni menggunakan wangi-wangian atau kapur barus yang mengeluarkan aroma yang kuat, sebab ular maupun tikus tidak senang dengan wangi-wangian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com