Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Pria Menasihati Pengendara Motor yang Selonong Saat Keluar Gang

Kompas.com - 26/05/2023, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bahaya yang ada di jalan memang bisa datang dari mana saja. Salah satu bahaya yang sering muncul adalah pengendara motor yang kerap asal selonong keluar dari gang.

Aksi pengendara yang main selonong saat keluar gang pun tak jarang memicu emosi pengendara lain, terlebih jika perilaku ceroboh pengendara tersebut sampai membuat celaka pengguna jalan lainnya.

Namun, perilaku yang berbeda justru ditunjukan oleh pengendara mobil yang nyaris celaka akibat ulah pengendara motor yang asal selonong keluar gang.

Baca juga: 13 Trayek Baru Bus Transjakarta yang Beroperasi 24 Jam

Rekaman tersebut diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, Kamis (26/5/2023). Dalam video itu, terlihat pemilik mobil sedang melewati salah satu jalan. Tiba-tiba muncul pengendara motor di bawah umur berbonceng tiga yang selonong keluar dari gang.

Reflek, sang pemilik mobil pun langsung membunyikan klakson panjang hingga membuat pengendara motor kaget dan langsung menepikan kendaraannya. Pengemudi mobil itu pun turut menepikan mobilnya sambil membuka kaca.

Tak disangka, tanpa amarah dan emosi, pengemudi mobil itu justru menasihati pengendara motor tersebut dengan cara yang halus.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

“Neng biasain kalau keluar gang lihat dulu, di jalur utama ada mobil atau enggak. Kalau ketabrak nyawa tiga ini hilang. Lihat dulu, belajar dulu ya, tertib ya,” ucap pengemudi mobil tersebut.

Aksi pengendara mobil itu pun mendapat pujian dari warganet. Tak sedikit mereka yang mengagumi sikap bijak pengemudi mobil tersebut, alih-alih emosi dan marah kepada pengendara motor.

“Salut sama dc nya, bukan marah malah nasehatin,” tulis akun @luthfiupe.

“Keren dinasehati bijak dan meminta maaf,” tulis komentar @ragassfirdaus_.

“Ademm, DC nasehatin nya baik, si adek nya juga sopan langsung berhenti,” tulis akun @mttm90_.

Jalan raya sejatinya memang merupakan ruang publik. Maka dari itu, sudah seharusnya para pengguna kendaraan bermotor saling berbagi, menghargai, menghormati, dan mengingatkan pengguna jalan lainnya.

Terlepas dari aksi terpuji pengemudi mobil itu, kejadian motor main selonong saat keluar gang memang sering terjadi, bahkan tak jarang yang sampai menimbulkan kecelakaan.

Ilustrasi pengendara motorKOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Ilustrasi pengendara motor

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, contoh pengendara seperti di video itu memang masih banyak ditemui jalan. Penyebabnya bisa jadi karena memang sudah menjadi kebiasaan.

“Mungkin karena pengendara tersebut telah terbiasa dengan cara berkendara seperti itu. Padahal seharusnya ketika keluar dari pertigaan jalan raya, sebaiknya berhenti sejenak untuk melihat kondisi jalan,” ucap Agus.

Selain itu, mengenai pengendara yang tidak memakai helm, menurut Agus hal tersebut sudah menjadi kebiasaan sebagian pengendara di Indonesia. Mereka kurang paham dan tidak peduli dengan keselamatannya.

Baca juga: Kendaraan yang Belum Uji Emisi Bakal Bayar Parkir Lebih Mahal di Jakarta

Untuk mengubah dua kebiasaan tersebut sulit dilakukan. Namun, jika pengendara tadi mendapatkan edukasi mengenai keselamatan dan memahaminya, baru bisa diubah kebiasaannya.

“Mengubahnya bisa saja dengan edukasi kepada pengendara dan ada kemauan untuk mengubah kebiasaan tersebut,” kata Agus.

Untuk saat ini, karena masih cukup sering orang yang salah selonong dari gang, lebih baik sebagai pengendara harus lebih berhati-hati. Lebih baik mengurangi kecepatan daripada menabrak orang yang keluar gang sembarangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com