Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan MTF Belum Mau Berikan Kredit ke Motor Listrik

Kompas.com - 21/05/2023, 10:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandiri Tunas Finance (MTF) ikut meramaikan Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023. Lembaga pembiayaan itu membuat berbagai promo buat calon konsumen yang ingin meminang mobil listrik.

Saat ini MTF memang hanya membiayai roda empat baik itu mobil konvensional maupun mobil listrik. MTF belum tertarik terjun membiayai sepeda motor listrik meski digadang marketnya potensial untuk tumbuh.

Baca juga: Cari Partner, Kymco Tawarkan Program Menarik

"Pembiayaan kendaraan di MTF baik mobil listrik maupun bukan memang kita (berikan) di roda empat," ujar Camar Captiva, Strategic Marketing Communication Division Head MTF, di JIExpo, Jakarta, belum lama ini.

Referensi Modifikasi Sederhana Wuling Air ev di PEVS 2023Kompas.com/Nanda Referensi Modifikasi Sederhana Wuling Air ev di PEVS 2023

"Apakah MTF mau membiayai roda dua, kebijakan dan arahan sampai saat ini hanya membiayai roda empat baik dalam skala retail maupun industri besar. Jadi Kalau roda dua saat ini mungkin belum," ungkap dia.

Camar mengatakan, meski saat ini pihaknya hanya membiayai mobil listrik bukan berarti MTF tidak mendukung program pemerintah yang gencar untuk mempercepat tren kendaraan listrik.

"Bukan berarti kami tidak mendukung karena roda dua lebih banyak menghasilkan polusi, bukan seperti itu tapi kami berharap dengan kami biayai roda empat efek domino untuk sampai ke roda dua bisa lebih besar," kata dia.

Baca juga: MAB Pamerkan Motor Listrik Tiga Roda Aidea di PEVS 2023

"Minimal dengan semakin banyak roda empat yang kami biayai itu akan membuat oang semakin melihat bahwa mobil listrik semakin mudah diproses dan memang tidak ada beda," ungkap Camar.

Nissan Leaf di booth Mandiri Tunas Finance pada PEVS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Nissan Leaf di booth Mandiri Tunas Finance pada PEVS 2022

Untuk diketahui, di PEVS 2023, MTF memberikan berbagai penawaran menarik. Khusus pembelian mobil listrik baru konsumen akan mendapat penawaran bunga datar 0 persen untuk pembiayaan 1 tahun.

Kemudian biaya administrasi senilai Rp 1 serta pengunjung berkesempatan mendapat logam mulia emas seberat 2 gram dan e-voucher hingga Rp 1 juta.

Adapula keuntungan lain buat konsumen yang memakai Dana Tunai Cash Aja, berupa bunga spesial 0,56 persen per bulan untuk tenor 1 tahun dan e-voucher hingga Rp 1 juta dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com