Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2023 Resmi Dibuka

Kompas.com - 17/05/2023, 11:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan bermotor listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 resmi dibuka pada Rabu,17 Mei 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Berlangsung selama lima hari, pameran ini bertujuan untuk menggencarkan industri kendaraan listrik dalam negeri.

"Pada pertemuan KTT ASEAN lalu, ada hal penting yang perlu saya sampaikan. Jadi, pemimpin negara ASEAN sepakat untuk membangun ekosistem kendaraan listrik," kata Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sekaligus Ketua Umum Periklindo, Moeldoko di seremoni pembukaan PEVS 2023, Rabu (17/5/2023).

Baca juga: Mitos atau Fakta Mobil Matik Mogok Tidak Boleh Ditarik?

"Mereka juga sepakat ASEAN sebagai pusat pertumbuhan kendaraan listrik global di kawasan ini. Kedudukan dari Indonesia sendiri, sangat potensial," lanjut dia.

"Kesepakatan tersebut dilakukan saat kita memegang keketuaan ASEAN. Sehingga menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kemampuan pengungkit dalam elektrifikasi," ucap Moeldoko.

Pengunjung menyaksikan mobil listrik Wuling Air Ev di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Selain desainnya yang compact, pengisian daya Air ev bisa dilakukan di rumah dengan memperhatikan terlebih dahulu kapasitas listrik rumah, mengusung konsep easy home charging.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pengunjung menyaksikan mobil listrik Wuling Air Ev di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022). Selain desainnya yang compact, pengisian daya Air ev bisa dilakukan di rumah dengan memperhatikan terlebih dahulu kapasitas listrik rumah, mengusung konsep easy home charging.

Oleh karena itu, ia memastikan kendaraan listrik berbasis baterai akan menjadi moda transportasi masa depan. Maka, perlunya suatu hal yang mendorong penciptaan ekosistem tersebut.

"Jadi saya meminta rekan semua, dari investor, pengusaha, pemegang regulasi, dan seluruhnya, jangan ragu-ragu karena kendaraan listrik ialah moda masa depan untuk dunia lebih bersih," paparnya.

PEVS 2023 sendiri, akan menampilkan beragam kendaraan roda empat yang inovatif dan ramah lingkungan, mulai dari BMW, Hyundai, DFSK, Hyundai, KEVCBU, Mobil Anak Bangsa (MAB), Morris Garages (MG), Prestige, dan Wuling.

Sedangkan untuk motor listrik akan ada Benelli-Keeway, Davigo, Gesits, Gotion High-Tech, Greentech, Kymco, Rakata, Saige, Selis, Smartby, dan Volta.

Sepeda listrik EScooter EL07C, motor listrik Electro EL02 dan EL03 produksi Mobil Anak Bangsa (MAB) dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Sepeda listrik EScooter EL07C, motor listrik Electro EL02 dan EL03 produksi Mobil Anak Bangsa (MAB) dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Rabu (27/7/2022).

Tak ketinggalan, industri pendukung kendaraan listrik yang berperan penting dalam ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, antara lain ABC Lithium, Advance, Birubatt, Exicom, Fast, Gramedia, Honda Power Product Indonesia, Motoriz, Musashi, Powerindo, Tanva, Tianneng, Venom, Voltron, Von Dutch, Wallbox, Wanhoo, dan lainnya.

Adapun deretan program baru dan menarik yang akan mewarnai PEVS 2023 mulai dari Drone Show by Fast, EV Fire Extinguish by Fast, EV Taxi Drift, EV Parade and Catwalk, EV Riding, EV Morning Run, hingga Electric Board & Scooter Ride.

Baca juga: Harley-Davidson Bekas Elvis Presley Masuk Lelang, Bisa Catat Rekor

Kemudian ada juga Formula Student Show Off, PEVS Push Bike Race, Seminar & Talkshow, EV Test Drive, EV Test Ride, Miss PEVS dan terakhir Closing Ceremony PEVS 2023.

Pameran terbuka untuk masyarakat umum dengan tiket seharga Rp 50.000, berlaku untuk pengunjung yang hadir pada 18 hingga 21 Mei 2022 (Kamis-Minggu).

Sementara tiket Premium Day dibanderol Rp 100.000 pada hari pembukaan pameran (17/5/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com