Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Chery Belum Mau Jual Pesaing Wuling Air EV di Indonesia

Kompas.com - 10/05/2023, 17:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 lalu, PT Chery Sales Indonesia (CSI) sempat membawa mobil listrik mungil Chery EQ1 untuk dipamerkan kepada konsumen Tanah Air.

Pesaing Wuling Air ev itu pun mendapat animo yang cukup baik. Bahkan beberapa konsumen dikabarkan sempat ingin melakukan pemesanan.

Tak hanya itu, Chery juga memiliki mobil listrik mungil lainnya yakni QQ Ice Cream. Mobil itu sekaligus menjadi penantang dari kendaraan listrik murah besutan Wuling, yakni Hongguang Mini EV.

Baca juga: Meresahkan, Banyak Anak Kecil Naik Sepeda Listrik di Jalan Raya

Kendati demikian, nampaknya PT CSI masih enggan untuk meluncurkan mobil listrik mini di Indonesia.

President PT CSI Shawn Xu mengatakan, setiap negara sudah memiliki segmentasi penjualan. Menurut Shawn, untuk pasar Indonesia, Chery hadir dengan segmen yang lebih premium.

Chery EQ1CHERYINTERNATIONAL.com Chery EQ1

Chery QQ Ice Cream memiliki harga yang rendah, dan kami bisa meraup banyak penjualan. Namun, bukan hal itu yang kami inginkan. Kami ingin memberikan produk yang lebih canggih,” ucap Shawn, saat ditemui di kawasan Jakarta Utara, Selasa (9/5/2023).

Lebih lanjut, Shawn menjelaskan bahwa pihaknya tidak hanya ingin sekadar jualan. Tetapi lebih fokus membangun brand image di Indonesia terlebih dahulu.

“Jadi tidak cocok jika kami membawa mobil listrik mungil di Indonesia dalam waktu dekat,” lanjutnya.

Baca juga: Wajib Cek Komponen Ini Sebelum Beli Toyota Yaris Bekas

Meski begitu, Shawn menambahkan, pihaknya tengah mempersiapkan mobil listrik murni untuk dijual di Tanah Air. Mobil tersebut adalah Omoda 5 electric vehicle (EV).

“Kami akan siapkan mobil demo (Omoda 5) setir kanan pada Agustus, dan saya yakin akan diluncurkan di Indonesia tahun ini,” kata Shawn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com