Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2023, 10:41 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Beredar video kaca mobil pecah akibat hal sepele yaitu tertimpa buah mangga. Video tersebut dibagikan oleh akun Instagram @lowslow.indonesia dan ramai mendapatkan tanggapan dari netizen.

Dalam video tersebut tampak kaca depan mobil pecah yang disebabkan oleh buah mangga. Lantas, pengunggah video tersebut juga menyarankan agar tidak memarkir mobilnya di bawah pohon.

Meski demikian, ada saja netizen yang menganggap parkir mobil di bawah pohon tetap aman asal memperhatikan pohon tersebut sedang berbuah atau tidak. Padahal, tetap saja parkir di bawah pohon tidak disarankan karena beberapa pertimbangan.

Baca juga: Jangan Sembarangan Pilih Cairan Wiper, Kaca Mobil Bisa Jamuran

Kaca mobil peah saat parkirTangkapan layar Kaca mobil peah saat parkir

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan parkir kendaraan jangan di tempat yang terbuka karena akan ada berbagai risiko.

“Tempat parkir yang aman itu yang ada atapnya, jangan di tempat terbuka meski kondisinya teduh seperti di bawah pohon, karena potensi bahayanya semakin besar,” ucap Sony dikutip dari Kompas.com, Minggu (7/5/2023).

Sony mengatakan area teduh di sekitar pohon berpotensi banyak bahaya macam dahan jatuh, pohon tumbang, dan sejenisnya.

Baca juga: Bahaya, Jangan Nyalakan Wiper Saat Kaca Mobil Kering

Suasana jalur sepeda di Jalan KH Wahid Hasyim, Gondangdia, Menteng, Jakarta Utara, tampak tidak sesuai peruntukkannya, pada Minggu (9/4/2023).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana jalur sepeda di Jalan KH Wahid Hasyim, Gondangdia, Menteng, Jakarta Utara, tampak tidak sesuai peruntukkannya, pada Minggu (9/4/2023).

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting Jusri Pulubuhu menjelaskan, cek kembali posisi kendaraan di tempat parkir untuk menghindari risiko kecelakaan ringan sampai berat.

“Cek berkali-kali sebelum pergi keluar parkiran. Dari permukaan tanah, tembok di dekat tempat parkir, sampai atap, dilihat untuk memastikan bahwa kondisi aman," ucap Jusri dikutip dari Kompas.com, Minggu (7/5/2023).

Tidak hanya merugikan pada sisi keselamatan, parkir di bawah pohon juga merugikan kesehatan cat kendaraan. Riyadi Spesialis Body Repair Klaten mengatakan parkir di bawah pohon memang terkesan lebih teduh, tapi ingat ada kerugian lainnya.

Baca juga: Viral, Video Warga Cekcok akibat Parkir Mobil Sembarangan

Ilustrasi parkir mobilunsplash.com/Michael Fousert Ilustrasi parkir mobil

“Area teduh di bawah pohon biasanya akan berpotensi banyak kotoran, mulai dari daun, ranting pohon, buah, kotoran burung atau serangga, sehingga tidak bagus untuk parkir mobil karena warna cat bisa terkontaminasi oleh berbagai kotoran,” ucap Riyadi kepada Kompas.com, Minggu (7/5/2023).

Riyadi mengatakan kontaminan dari kotoran tersebut umumnya sulit dibersihkan meski sudah dipoles. Hal itu bisa terjadi karena kotoran meresap ke dalam lapisan cat, sehingga kotoran tersebut bersifat permanen.

“Kecuali mobilnya sudah dilapisi dengan pelapis khusus macam nano ceramic atau sejenisnya, tapi kan tidak semua mobil mengaplikasikan,” ucap Riyadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com